Jumat, 28 November 2014

Uji Terbang LSU-03

http://lapan.go.id/upload/LSU03-edt1.pngLSU 03

LSU-03 berhasil melakukan uji terbang, Rabu (19/11). Varian baru dari pesawat tanpa awak buatan Lapan ini diterbangkan menuju Pelabuhan Ratu dengan jarak 150 km dari Pameungpeuk, Garut, tempat ujicoba berlangsung.

LSU-03, generasi ketiga dari varian LSU, memiliki bobot terbang 30 kg, dengan bentang sayap 3,5 meter dan panjang 2,5 meter. Dalam sesi uji coba ini, pesawat menjalankan misi pemotretan di Pelabuhan Ratu dan kembali ke Pameungpeuk.

LSU-03, lepas landas dengan mulus dan memperlihatkan semua peralatan bekerja dengan baik, hingga waktu tempuh sudah mencapai 1 jam 36 menit. Saat itu pesawat mencapai jarak sekitar 140 kilometer. Ketika pesawat menuju ketinggian terbang tertentu untuk loiter, pesawat mengalami gangguan mesin sehingga terpaksa mendarat secara semi automatis di daerah Saga Ranten, Sukabumi, Jawa Barat. Saat mendarat, posisi pesawat dalam kondisi baik dan bisa dioperasikan kembali.

Uji terbang ini membuktikan bahwa LSU-03 mampu terbang stabil hingga jarak 140 kilometer. Untuk uji terbang awal sebuah pesawat terbang tanpa awak, jarak jangkau ini tergolong jauh.

“Target berikutnya adalah uji terbang minimal 300 km”, ujar Ari Sugeng, Kepala Bidang Avionik, komandan misi uji terbang LSU-03.

Uji terbang ini dihadiri oleh Deputi Teknologi Dirgantara Lapan, Rika Andiarti, Sekretaris Utama Lapan, IL Arisdiyo, dan dari Direktur Direktorat Topografi TNI Angkatan Darat, Brigjen Dedi Hadria, serta pejabat struktural dan peneliti Lapan.

  ★ LAPAN  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More