blog-indonesia.com

Selasa, 25 November 2014

LAPAN siapkan citra satelit 24 pelabuhan

Ada 24 pelabuhan yang mau dikembangkan, 22 pelabuhan citra satelitnya sudah ada... http://res.cloudinary.com/cepot/image/upload/v1415898044/lapan_logo_ijxy0p.jpgLAPAN

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyiapkan citra satelit resolusi tinggi di 24 pelabuhan yang akan dikembangkan untuk Program Tol Laut.

"Ada 24 pelabuhan yang mau dikembangkan, 22 pelabuhan citra satelitnya sudah ada, tinggal dua pelabuhan lagi yang sedang kita kerjakan," kata Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, Orbita Roswintiarti, di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan, hasil citra satelit di dua pelabuhan yang dipersiapkan untuk menunjang Program Tol Laut terkendala karena lokasinya yang sering tertutup awan saat penginderaan dilakukan.

Program Tol Laut merupakan sistem logistik kelautan dengan nama lain Pendulum Nusantara.

Konsep ini memungkinkan kapal-kapal besar membawa logistik dari barat ke timur dan sebaliknya. Selain itu juga mendorong keberadaan pelabuhan laut dalam dapat disinggahi kapal-kapal besar.

Selain untuk menunjang rencana pembangunan 24 pelabuhan, ia mengatakan pihaknya juga membantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperoleh data dan informasi terkait potensi sumber daya maritim dengan citra satelit, sehingga mempermudah dalam perencanaan zonasi wilayah pesisir.

"Mereka (KKP) mau memperbarui data dan informasi pulau-pulau kecil terdepan, ini termasuk untuk melihat biota, rumput laut, dan beberapa variabel lain yang ingin diketahui. Kita serahkan citra satelitnya, tapi validasinya ya KKP, kalau kita terbatas anggarannya," ujar dia.

LAPAN, menurut dia, giat lakukan kerja sama internasional untuk mendapatkan citra satelit yang dimaksud.

"Datanya yang diterima sangat internasional. Jadi LAPAN lakukan kerja sama internasional untuk bisa memperoleh citra satelit yang diminta KKP," pungkas dia.(V002)

  ★ Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More