Jumat, 28 November 2014

LAPAN Bikin Satelit, Pesawat Komersial Hingga Tanpa Awak

http://images.detik.com/content/2014/11/27/1036/drone.jpgLembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah memasuki usia 51 tahun. Pada usia yang telah menginjak setengah abad ini, LAPAN tidak berhenti berinovasi menghasilkan produk kedirgantaraan, satelit hingga roket berteknologi tinggi.

Untuk bidang penerbangan, tahap awal LAPAN akan membidik pembuatan pesawat komersial untuk angkutan udara perintis. LAPAN bersama PT Dirgantara Indonesia (Persero), saat ini sedang membangun pesawat penumpang untuk 19 tempat duduk bernama N219.

"Kami ingin kembangkan pesawat unggulan. Dengan PTDI, LAPAN kembangkan pesawat N219. Tahun depan atau 10 Agustus 2015, bertepatan dengan Harteknas (Hari Kebangkitan Teknologi Nasional), N219 bisa roll out kemudian akhir 2015 bisa uji coba terbang," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat peringatan hari ulang tahun LAPAN ke-51 di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/11/2014).

LAPAN juga akan terus melanjutkan pengembangan pesawat tanpa awak atau program LAPAN Surveillance UAV (LSU). Setidaknya LAPAN telah merancang 5 tipe LSU yang bisa dipakai misi pengawasan laut. "Kita kembangkan pesawat tanpa awak atau UAV. Dalam kampanye Pak Jokowi, akan kembangkan drone. Kita sudah kembangkan itu (UAV)," jelasnya.

Inovasi LAPAN tidak berhenti disitu. LAPAN masuk ke teknologi pengembangan satelit. LAPAN akan meluncurkan satelit A2 yang memiliki kemampuan mengidentifikasi ribuan kapal di perairan Indonesia karena dilengkapi peralatan Automatic Identification System (AIS).

"Tahun depan akan diluncurkan LAPAN A2. Itu bisa deteksi kapal dalam waktu singkat. Lapan ke depan ingin bangun kemandirian satelit. Selama ini teknologi satelit masih pakai teknologi luar. Nanti Indonesia harus mandiri. Kita mulai bangun satelit penginderaaan jarak jauh untuk melihat potensi sumber daya alam. Ke depan untuk bangun satelit telekomunikasi," jelasnya.

Untuk mendukung program pengembangan dan kemendarian satelit, LAPAN secara konsisten mengembangkan roket untuk meluncurkan satelit.

"Kita kembangkan roket, kita kembangkan roket peluncuran satelit," jelasnya.(feb/hen)



  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More