Jumat, 21 Maret 2014

CNN: Kuala Lumpur di Indonesia

Jakarta ☆ Dalam  sebuah siaran langsung dari Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu malam, 19 Maret, jaringan televisi internasional  CNN membuat kesalahan akurasi yang mengundang banyak protes. Televisi itu menuliskan ibukota Malaysia tersebut  bagian dari  Indonesia, saat memberitakan pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 yang masih hilang sampai sekarang.

Dengan caption ‘Kuala Lumpur, Indonesia’, screenshot  siaran  ini dengan cepat beredar di media sosial. Beberapa tokoh ternama turut menggugah screenshot tersebut. Antara lain, Marina Mahathir, putri  mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Muhammad, dan pemandu TV dari Singapura, Anita Kapoor. Di akun twitternya @netraKL, Marina menulis:  “CNN firmly places KL in Indonesia” (CNN memastikan KL terletak di Indonesia).

Seorang reporter asal Australia, Adam Todd,  juga mencuitkan  hal yang  sama di akun twitternya @_AdamTodd. Dia menulis: “while the world was looking at Crimea, seems Indonesia quietly annexed Kuala Lumpur” (ketika dunia sedang memusatkan perhatian pada Crimea, diam-diam  Indonesia rupanya  menganeksasi Kuala Lumpur).

Kekeliruan CNN menarik perhatian banyak pengguna media sosial yang menuliskan komentar-komentar jenaka dan lucu, tidak hanya di twitter melainkan juga Facebook. Peristiwa ini untuk sesaat, mengalihkan perhatian dunia – walau cuma sejenak -- dari topik hangat yang mengguncang Malaysia. Yakni hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 yang belum kunjung ditemukan sampai sekarang.

Terkait kesalahan siaran di atas,  CNN  sampai sejauh ini belum memberi komentar resmi.



  ♞ Tempo  

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More