Senin, 03 November 2014

Pemerintah dorong Jerman jadikan Indonesia basis produksi

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan pada prinsipnya pemerintah Jerman bersedia memberikan dukungan untuk pembangunan Indonesia.(ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan pemerintah mendorong Jerman menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya di kawasan Asia Tenggara.

"Saya sampaikan kita mendorong Jerman untuk menjadikan Indonesia sebagai production base untuk pasar Kawasan Asia Tenggara," katanya di Jakarta, Senin.

Dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter Steinmer di Istana Merdeka, ia menjelaskan, pemerintah juga meminta Jerman membuka akses yang lebih besar bagi produk Indonesia.

Selain itu, ia melanjutkan, pemerintah Indonesia juga meminta agar para pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas bebas visa Jerman.

"Kita minta juga Jerman memberikan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas untuk Indonesia. Karena sudah 11 negara signing (menandatangani) memberikan kebebasan itu," katanya.

Ia menambahkan, pada prinsipnya dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Menteri Luar Negeri Frank Walter Steinmer tersebut, Jerman bersedia memberikan dukungan untuk pembangunan Indonesia.

"Prisipnya Jerman bersedia memberikan dukungan sesuai experties-nya (keahliannya) untuk mendukung pembangunan Indonesia," kata Retno.

  ★ Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More