Rabu, 12 November 2014

Jenis Peluru Gas Air Mata Berdasarkan Warna Selongsong

Masih teringat saat Mahkamah Konstitusi (MK) hendak memutuskan gugatan sengketa hasil Pilpres 2014 dimana massa berupaya menerobos barikade polisi di Jl Medan Merdeka Barat hingga berujung ricuh. Polisi membubarkan paksa massa dengan menggunakan gas air mata.

‎Sebenarnya apa isi peluru gas itu sehingga memedihkan mata? Ternyata isi peluru itu ada banyak jenis berdasarkan warna, mulai dari bubuk hingga peluru karet yang menyebar. Peluru-peluru ini dipamerkan oleh Polri di Indo Defence Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/11/2014).

Peluru yang dipamerkan berdimensi panjang 83 mm dan diameternya 44 mm. Peluru ini berjenis smokeless powder dengan berat 2 gram, walau sedikit asap tapi tetap membuat mata perih tak tertahankan.

Ada 5 warna peluru dengan isi yang berbeda-beda, yakni merah, kuning, biru, abu-abu dan hijau. Merah berisikan bubuk CS dengan berat 40 gram, entah apa maksudnya CS itu. Sementara warna kuning diisi dengan gas jenis CS seberat 60 gram.

Untuk warna biru diisi oleh karet tunggal dan warna abu-abu diisi karet yang mampu menyebar ke segala penjuru. Warna hijau diisi dengan cat.

"Hasil penembakan peluru warna merah dan kuning elevasi 20-25 derajat dapat mencapai jarak 70-90 meter dengan waktu delay ledak 3-5 detik. Peluru meledak 5-8 meter di atas permukaan tanah dengan sebaran powder mencapai 6 meter," ujar seorang anggota polisi yang menjaga stand Polri.

Suara ledakan dari peluru cukup besar untuk memberikan shock therapy pada massa anarkis. Jarak efektif untuk menembakan peluru biru, abu-abu dan hijau adalah 15 meter.

Peluru hasil kerja sama Puslitbang Polri dengan PT Pindad ini telah digunakan oleh Dalmas Polri, khususnya warna merah dan kuning.

  ★ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More