Kamis, 06 November 2014

★ Mobil Anti Banjir

Hasil kreativitas TNI ADMobil anti banjir. ©2014 Merdeka.com/Efendi

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu tertarik pada mobil anti banjir di pameran senjata internasional 2014 (Indo Defence). Mobil ini dinilai cocok untuk kondisi banjir yang kerap menyerang Jakarta.

"Itu bagus tuh (mobil anti banjir). Harusnya ini dibanyakin persiapan banjir di Jakarta," kata Ryamizard di JIExpo Kemayoran Jakarta, Rabu (5/11).

Ditemui terpisah, petugas jaga stan mobil anti banjir Kapten Infanteri Darmaji mengatakan, kendaraan ini merupakan bagian dari program Dislitbang TNI AD 2013. TNI AD lalu bekerja sama dengan beberapa perusahaan lokal seperti PT Tesko Maritim dan PT Graha untuk membangun kendaraan anti banjir.

"Jadi sampai saat ini hanya ada satu mobil. Tahapnya masih pembangunan, belum pengadaan," terang Darmaji.

Masih menurutnya, mobil ini hasil modifikasi truk Isuzu Colt Diesel. Mobil tersebut dilengkapi dengan dua mesin (mesin mobil dan mesin kapal).

"Ini sudah diujicoba melewati sungai dan berhasil. Kendaraan ini bisa mengangkut sekitar 25-30 orang sekali angkut," ujar dia.

Selain itu, mobil anti banjir tersebut dapat menembus banjir di berbagai daerah di ibu kota. Namun, kendaraan dapat maksimal kalau ketinggian banjir mencapai 2 meter.

"Ini memang disiapkan untuk banjir di Jakarta. Kalau ketinggian sampai 2 meter dapat langsung mengapung," pungkas dia.[ian]

   Merdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More