blog-indonesia.com

Senin, 03 November 2014

Penginderaan jauh untuk pengembangan maritim Indonesia

ilustrasi - Nelayan menyiapkan jaring untuk melaut di dermaga ikan, Karangsong, Indramayu, Jawa Barat (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Universitas Udayana menyelenggarakan Pan Ocean Remote Sensing Conference (PORSEC) dengan tema Penginderaan Jauh Laut untuk Sumber Daya yang Berkelanjutan di Sanur, Bali, pada 4 hingga 7 November 2014.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Jasyanto di Jakarta, Minggu, PORSEC merupakan organisasi yang didedikasikan guna membantu negara-negara berkembang untuk meningkatkan pengembangan ilmu pengetahuan khususnya aplikasi teknologi penginderaan jauh untuk kelautan.

Dan konferensi yang diselenggarakan setiap dua tahun itu akan dihadiri oleh 400 peserta dari dalam maupun luar negeri.

Peserta adalah para profesional di bidang penginderaan jauh dan juga dari lembaga-lembaga antariksa berbagai negara seperti Lapan, JAXA (Jepang), dan NASA (Amerika Serikat).

Bagi Indonesia, ia mengatakan kegiatan tersebut akan meningkatkan kemampuan bangsa ini dalam mengelola wilayah lautnya, mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang besar.

Guna mendukung pembangunan maritim, diperlukan teknologi yang mampu memantau laut secara menyeluruh dan sistematik.

Salah satunya adalah dengan teknologi antariksa melalui penginderaan jauh.

Teknologi penginderaan jauh dengan menggunakan satelit sangat bermanfaat untuk pemantauan sumber daya alam di laut.

Misalnya, untuk pemantauan terumbu karang dan perencanaan pendayagunaan laut untuk berbagai sektor seperti ekonomi dan pariwisata.

Dengan pemanfaatan teknologi penginderaan jauh, aspek fisika dan biologi laut seperti suhu permukaan laut dan kandungan klorofilnya dapat terdeteksi.

Unsur-unsur itu sangat penting untuk mengetahui keberadaan ikan di laut melalui sistem Zona Potensi Penangkapan Ikan Indonesia (ZPPI) sehingga nelayan akan mudah mengetahui lokasi yang terdapat banyak ikan.

Contoh lain pentingnya penginderaan jauh di bidang kelautan yaitu untuk memberikan informasi spasial pulau-pulau terluar.

Tujuannya yaitu untuk identifikasi dan perencanaan pengembangan pulau terluar yang terpadu.

  ★ Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More