Selasa, 18 November 2014

Mahasiswa Universitas Riau pamerkan robot humanoid

Mahasiswa Universitas Riau (UR) Jurusan Teknik Elektro memamerkan robot "Humanoid" yang bisa menari Gangnam Style di hadapan para tamu yang berasal dari Universitas Teknologi Malaysia dan Universitas Nagoya Jepang yang menghadiri Engineering Expo di Pekanbaru, Selasa.

Muhammad Jubri Fikri, mahasiswa Jurusan Elektro semester tujuh dalam presentasinya mengatakan bahwa robot tersebut adalah jenis robot humanoid dengan ukuran sekitar 60 Cm dan telah mengikuti lomba diberbagai kompetisi.

"Robot ini telah mengikuti berbagai lomba, walau belum meraih prestasi kita tetap mengembangkan robot ini," katanya.

Dalam aksinya, robot tersebut cukup membuat para peserta terhibur, bahkan acara pembukaan yang sebelumnya terlihat sangat formal berubah menjadi lebih menghibur dan menarik.

Tepuk tangan tiada hentinya diberikan kepada mahasiswa dan robot tersebut selama ia menari Gangnam Style.

Dalam penjelasannya kepada Antara, Fikri mengaku bahwa biaya pembuatan robot tersebut cukup mahal, sekitar Rp 20 Juta per unit.

Dia mengatakan mahasiswa elektro telah membuat sebanyak enam unit robot, diantaranya empat unit robot yang berjenis humanoid dan dua robot lainnya yang berjenis laba laba dan robot yang memiliki roda.

Petunjukan robot ini digelar bersempena dengan diadakannya Engineering Expo yang diadakan di UR pada tanggal 17-19 November 2014.

Kegiatan yang bertemakan "Academic Excellent Towards Industry Competitiveness" dan dibuka oleh Rektor UR, Aras Mulyadi.
kk


  ★ Antara  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More