Selasa, 25 November 2014

Penemu Tongsis Komentari Penghargaan TIME

Fenomena Tongsis http://images.cnnindonesia.com/visual/2014/11/22/4a6e44fe-6b67-4465-acf1-370dcfc45549_169.jpg?w=650Sejumlah pengunjung berfoto selfi karya foto seri karya saat pembukaan pameran foto Kilas Balik 2013-2014 di Galeri House of Sampoerna, Surabaya, Jatim, Jumat (21/11) (Antara foto/Adhitya Hendra)

Majalah TIME menyebut tongkat untuk membantu selfie sebagai salah satu temuan terbaik di 2014, hal ini tentu menjadi perhatian penemu tongsis di Indonesia.

Selfie stick, demikian alat yang dimaksud TIME sebagai salah satu dari 25 temuan terbaik di 2014. Di Indonesia tongkat seperti itu lebih akrab disebut tongsis, alias tongkat narsis.

Di Indonesia, nama tongsis dipopulerkan oleh penggiat fotografi bernama Anindito Respati pada 2013 silam. Bahkan pria pemilik akun @bababdito itu sudah mematenkan nama 'tongsis' sebagai merek dagang.

Meski berbeda nama, namun tongsis dan selfie stick punya fungsi yang sama. Jadi wajar jika keputusan TIME mendapat perhatian dari penemu tongsis di Indonesia.

"Saya enggak tahu kalo TIME mengeluarkan berita tersebut, baru tahu setelah ada yang mention di Twitter," ujar Anindito saat dihubungi CNN Indonesia melalui surel, Selasa (25/11).

"Senang banget, karena nama itu (tongsis) memang pertama saya yang populerkan," tambah Anindito.

Lebih lanjut Anindito menceritakan perihal hak paten tongsis. Awalnya ia mengira tongsis adalah gabungan barang yang sudah ada di pasaran sebelumnya, sehingga ia hanya mematenkan brand tongsis pada bulan September 2013.

Brand tongsis yang dipatenkan Anindito diakuinya sebagai kategori aksesoris ponsel dan online shop, sehingga tidak ada izin bagi penjualan bentuk serupa dengan nama tongsis.

Namun, ia sudah memiliki rencana untuk mendaftarkan paten desain tongsis.

"Setelah bertemu Yoris Sebastian saya tahu kalau sebenarnya ini (tongsis) bisa didaftarkan juga sebagai desain industri. Sayangnya karena sudah ramai di pasaran jadi tidak bisa lagi di daftarkan," jelasnya.

TIME menyebut selfie stick telah membantu banyak pengguna ponsel, salah satunya untuk mengakomodir tren penggunaan ponsel kamera yang sedang digandrungi dua tahun terakhir.

Selain selfie stick, TIME menobatkan temuan terbaik 2014 kepada 25 perangkat lainnya, salah satu di antaranya Apple Watch, Printer 3D, Hooverboard, Wanaha antariksa, smartphone Android Blackphone, dan beberapa alat lainnya.

Menurut salah satu analis dari Gartner, selfie stick memang pantas masuk dalam jajaran inovasi terbaik di 2014. Karena tongkat ini memang dapat membantu mengambil gambar dengan sudut pandang yang lebih baik.(eno)

  ★ CNN  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More