Rabu, 12 November 2014

Pertamina Terima Dua Kapal Tanker Made in Surabaya

Ilustrasi Foto: Dok. detikFinance

PT Pertamina (Persero) menerima dua kapal tanker bikinan PT PAL Indonesia (Persero). Kapal tersebut dibangun di markas PAL yang terletak di Surabaya, Jawa Timur.

Dua kapal tersebut bernama MT Pagerungan dan MT Pangkalan Brandan. Kerjasama pembangunan Kapal Tanker ini merupakan komitmen sinergi antar BUMN sebagai implementasi Keppres No. 5/2005 tentang dukungan pengembangan Industri maritim di Indonesia.

"Hal ini juga sebagai perwujudan nilai tambah pada kemampuan industri dalam negeri, karena banyaknya keterlibatan dukungan SDM dan industri-industri pendukung di sekitar galangan kapal," jelas keterangan tertulis PAL yang diterima detikFinance, Rabu (12/11/2014).

Hal ini tentu sangat penting untuk menstimulir pertumbuhan cluster-cluster industri baru untuk menyerap dan menciptakan lapangan kerja baru, sekaligus sebagai wahana transformasi keahlian untuk menciptakan komunitas masyarakat yang mandiri dalam segala aspek industrialisasi.

PAL mengatakan, selain dari implementasi pengembangan Industri maritim, sinergi ini akan terus dilakukan untuk peningkatan kinerja dalam pembangunan kapal baru, perbaikan dan pemeliharaan kapal-kapal yang lain.

"Serta menopang dan mendukung Visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengembalikan kejayaan Indonesia bidang maritim," ujarnya.

Harapan besar di masa depan kapal-kapal yang beroperasi di Republik Indonesia dibangun oleh industri dalam negeri supaya mendukung Industri Maritim Indonesia & Galangan Kapal Nasional dapat berkembang lebih maju dan sekaligus berperan dalam penghematan devisa negara.

Spesifikasi Kapal Tanker 17.500 LTDW yang dikirim ke Pertamina

★ Length Over All: 157.200 Meter
★ Lenght Between Perpendicular: 149.500 Meter
★ Breadth Mould, abt: 27.700 Meter
★ Depth Mould, abt: 12.000 Meter
★ Design Draf Mould: 7.000 Meter
★ Services Speed: 13. 00 Knots
★ Gross Tonnage: 17.500 LTDW
★ Compliments Officers: 28 Persons
★ Class: Nippon Kaiji Kyokai (NK Class)
★ Contruction: Double Hull.

Selain 2 unit kapal tanker ukuran 17.500 LTDW tersebut, PAL juga telah menyerahkan 5 kapal lain pesanan Pertamina. Kapal tersebut antara lain:

★ Dua unit Kapal Tanker ukuran 3.500 DWT (MT Minas dan MT Melahin, diserahkan pada tahun 1985.
★ Kapal Tanker ukuran 6.500 DWT (MT Kurau), diserahkan pada tahun 1992
★ Kapal Tanker ukuran 17.500 LTDW (MT Palu Sipat), diserahkan pada tahun 2000
★ Kapal MT Fastron ukuran 30.000 LTDW diserahkan pada tahun 2005

(ang/dnl)

  ★ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More