blog-indonesia.com

Senin, 22 Oktober 2012

★ Wakasal Luncurkan Kapal Pintar di Kepri dan Kalbar

wakasal-subJakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio, M.M., bersama Direktur Institutional Banking Bank Mandiri Abdul Rachman meluncurkan Kapal Pintar di Galangan Palindo Marine, Batam pada Senin (22/10).

Kapal Pintar tersebut dilengkapi buku-buku pengetahuan, alat peraga, perangkat IT dan terkoneksitas dengan jaringan internet guna memberikan akses pada sarana pendidikan yang merata bagi anak-anak usia sekolah di pulau-pulau terpencil, terutama di Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat.

Pembangunan Kapal Pintar merupakan realisasi dari penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama antara TNI AL dengan Bank Mandiri yang disaksikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno serta Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Zulkifli Zaini, dimana Perjanjian Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Kepala Dinas Material Angkatan Laut (Kadismatal) Laksamana Pertama TNI Sugianto Suwardi selaku pihak kesatu dan Direktur PT Bank Mandiri Persero Tbk Abdul Rachman selaku pihak kedua pada 26 Januari 2012 yang lalu.

Perjanjian Kerjasama tersebut merupakan momentum penting dalam upaya mendukung program pembangunan nasional, melalui pemberdayaan sumber daya manusia yang diimplementasikan dalam bentuk pengadaan Kapal Pintar di wilayah Lantamal IV sebagai pengembangan sumber daya perpustakaan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pemanfaatan prasarana milik negara.

Dalam kesempatan tersebut Wakasal Laksdya TNI Marsetio, M.M., berharap dengan adanya Kapal Pintar, para pelajar akan menjadi lebih bergairah dan gemar membaca, selain menjadi kapal pintar nantinya juga akan difungsikan sebagai kapal patroli terbatas yang pengoperasiannya dilakukan oleh Lanal atau Lantamal. Selain itu, kapal ini juga akan difungsikan sebagai alat transportasi oleh dokter/bidan untuk menyinggahi pasien di daerah-daerah terpencil. “Bisa dikatakan kapal ini sebagai kapal multifungsi” tegas Wakasal.

Kapal pintar yang berukuran panjang 22 meter ini, dilengkapi buku-buku pengetahuan, alat peraga, dan perangkat IT yang terkoneksi dengan jaringan internet bagi anak-anak usia dini hingga sekolah menengah atas di wilayah yang selama ini belum terjangkau secara maksimal, dan dapat digunakan secara gratis. Pembangunan Kapal Pintar sendiri menghabiskan dana senilai Rp 1,5 miliar yang di bangun oleh Galangan Palindo Marine, Batam.

Kapal pintar tersebut nantinya akan menyinggahi pulau-pulau terpencil di Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat secara reguler dan terjadwal, dengan tujuan anak-anak setempat memiliki kesempatan untuk secara berkesinambungan mendapatkan ilmu pengetahuan dan mengakses informasi yang dibutuhkan.

Menurut data Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV, sebagian besar Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat merupakan wilayah perairan yang memiliki sekitar 2.750 pulau dan kawasan pesisir. Sementara data BPS wilayah menyebutkan bahwa pada 2010 jumlah penduduk berusia 0-19 tahun di Kepulauan Riau sebanyak 427.133 jiwa dan di pesisir Kalimantan Barat sekitar 730.000 jiwa.

(dispenal/sir)

Teks Gbr- Wakasal Laksdya TNI Marsetio,M.M.,  saat berinteraksi dengan murid Sekolah Dasar di atas “Kapal Pintar”, seusai acara peluncuruan Kapal Pintar, Senin (22/10) di Galangan Kapal Palindo Marine, Batam. (dispenal)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More