blog-indonesia.com

Senin, 22 Oktober 2012

Perkembangan Teknologi dan Jurnalisme Online

Perkembangan Teknologi dan Jurnalisme Online
Peserta menunggu dimulainya acara Republika Online Journalism Traning di Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Jumat (19/10).

Di abab ke 21 ini perkembangan teknologi semakin canggih dan modern. Hal ini berbanding lurus dengan aktivitas sehari – hari yang senantiasa menggunakan peralatan serba modern.

Semua orang di abad ke 21 ini dituntut agar melek teknologi dan selalu haus akan informasi Dahulu ketika seseorang ingin berkomunikasi, mereka menggunakan alat yang serba manual dan membutuhkan proses yang memakan waktu.

Lalu pada perkembangan berikutnya muncul elektronik mail/lebih dikenal dengan nama email. Bertukar informasi menggunakan email memiliki berbagai keuntungan. Biaya yang lebih murah serta penggunaaan waktu yang relatif lebih singkat merupakan keunggulan email daripada surat. Lalu muncul alat yang lebih canggih lagi dibandingkan dengan email, yaitu telepon. Dan kemajuan teknologi yang semakin tidak terbendung itu, berkomunikasi menggunakan telepon bisa melihat wajah orang yang ada di ujung telepon sana berkat teknologi 3G yang terdapat pada telepon genggam (HP).

Dalam penyajian sebuah berita pun tidak luput dari kemajuan teknologi. Surat kabar yang telah akrab dengan khalayak pembaca sepertinya mulai tergerus seriring perkembangan teknologi. Dengan menjamurnya media onlinet sepertinya telah membuat ‘mahzab baru’ dalam dunia jurnalistik, yaitu jurnalisme online. Jadi penyajian berita melalui media online adalah pesan / informasi yang disampaikan menggunakan media internet.

Seperti dikutip dari situs (http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2059339-jurnalisme-online-jurnalistik-internet/#ixzz28tBvxY4U), bahwa menurut ahli jurnalisme asal Amerika SerikatJames C. Foust dalam bukunya, Online Journalism: Principles and Practices of News for The Web (2005), keunggulan jurnalisme online dibandingkan dengan yang lainnya adalah :

1. Audience Control, audiens lebih leluasa dalam memilih berita.
2. Nonlienarity, tiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri atau tidak berurutan.
3. Storage and retrieval, berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah.
4. Unlimited Space, memungkinkan jumlah berita jauh lebih lengkap ketimbang media  lainnya.
5. Immediacy, cepat dan langsung.
6. Multimedia Capability, bisa menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen  lainnya di dalam berita.
7. Interactivity , memungkinkan adanya peningkatan partisipasi pembaca.

Ya, perkembangan jaman yang semakin cepat dan serba modern ini telah ‘memaksa’ kita untuk bisa menyesuaikan diri atas kecanggihan teknologi ‘barat’ yang menyerbu negeri ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More