Selasa, 16 Desember 2014

Tak Ada Niatan Sekecil pun RI Gunakan Nuklir Untuk Senjata

http://4.bp.blogspot.com/-vx-KqxPlenE/UDojr4ijouI/AAAAAAAAGqA/TIrM-90ybiQ/s1600/LOGO+BATAN.pngBATAN

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menegaskan, pemanfaatan nuklir oleh Indonesia hanya untuk tujuan damai. Tak ada niatan Indonesia membuat persenjataan nuklir.

"Tidak ada niatan sedikit pun kita gunakan nuklir untuk senjata, kita pakai nuklir hanya untuk tujuan damai," ucap Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto di kantornya, Kuningan Barat, Jaksel, Selasa (16/12/2014).

Djarot mengungkapkan, sampai saat ini, penggunaan nuklir oleh Indonesia hanya digunakan untuk pertanian dan kesehatan.

"Nuklir kita manfaatkan untuk membuat varietas padi unggulan yang tahan hama dan penyakit, kita gunakan untuk alat kesehatan, mendeteksi kanker dan penyakit lainnya, sampai untuk makanan dan minuman agar bisa tahan lebih lama, tidak ada untuk buat senjata sama sekali," ungkap Djarot.

Menurutnya, jangankan untuk buat senjata, untuk memanfaatkan nuklir untuk tenaga listrik alias Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) sudah puluhan tahun dirancang, sampai saat ini tak pernah teralisasi.

"Kita susun program bangun PLTN dari puluhan tahun lalu, sampai sekarang tak terbangun-bangun, ada saja hambatannya mulai dari penolakan masyarakat dan niatan pemerintah. Sekarang 72% rakyat Indonesia mendukung bahkan di Bangka Belitung lokasi rencana pembanguan PLTN sebanyak 57% warganya sudah mendukung, itu besar sekali, jadi tunggu apa lagi," tutupnya.

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More