Kamis, 18 Desember 2014

Jokowi Tinjau Alutsista Di Monas

Tinjau Pameran Alutsista di Monas, Jokowi Naik 'Komodo' Presiden Jokowi meninjau pamerat alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI AD dalam rangka Hari Juang di Monas, Jakarta Pusat. Jokowi menyempatkan diri menaiki 'Komodo'.

Jokowi meninjau pameran pada Rabu (17/12/2014) pukul 17.30 WIB. Jokowi yang mengenakan kemeja putih itu ditemani oleh KSAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Gatot memberikan keterangan pada Jokowi. Kemudian Jokowi tampak naik ke kendaraan tempur Komodo buatan PT Pindad dan duduk di atasnya. Komodo yang dinaiki Jokowi kemudian berjalan sepanjang 50 meter diiikuti 3 kendaraan tempur serupa di belakangnya.

Selama di atas Komodo, Jokowi banyak disapa oleh ratusan warga, pengunjung pameran yang berkerumun. "Pak Jokowi, Pak Jokowi!" teriak warga yang direspons oleh lambaian tangan Jokowi.

Setelah Komodo berjalan 50 meter, Jokowi lantas turun dan berjalan berkeliling, termasuk menengok helikopter.
Tank Leopard Curi Perhatian Jokowi di Pameran Alutsista TNI AD Tank Leopard turut 'diparkir' di silang Monas dalam rangka pameran Alutsista TNI AD. Ketika rombongan Presiden Joko Widodo melintas, tank buatan Jerman ini berhasil mencuri perhatian presiden RI ketujuh itu.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu sedianya hendak menuju stand Kopassus di silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014), menggunakan mobil golf. Ia ditemani Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayjen Andika Perkasa yang menyetir mobil golf itu.

Jokowi juga ditemani Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Gatot Numantyo. Mobil putih kecil itu melaju menuju stand Kopassus. Namun di tengah perjalanan 'kecil' itu, moncong kaliber 120 mm menarik perhatian Jokowi.

Ia tiba-tiba meminta mobil golf itu berhenti, ia turun dan mendekati kendaraan yang memiliki kanon besar itu. Ternyata kanon itu adalah milik Tank Leopard II, tank kelas berat milik TNI AD.

Tanpa sambutan dan 'permisi', Jokowi langsung naik ke atas tank dengan bobot 62 ton itu. Ia melihat ke dalam palka yang terbuka, dan mengintip jeroan tank tersebut.

Kemudian KSAD Jenderal Gatot menyusul Jokowi ke atas tank. Ia pun tampak menjelaskan berbagai hal terkait tank tersebut, dan Jokowi tampak menyimak dengan seksama.

Selama 10 menit berada di atas Leopard, Jokowi turun dan kembali ke mobil golf. Lalu ia melanjutkan perjalanan menuju stand Kopassus untuk memberikan pandangannya terkait alutsista TNI.

Dalam debat capres Pilpres lalu, Jokowi sempat mempertanyakan soal pembelian tank Leopard yang dikabarkan terlalu berat bobotnya untuk jalanan Indonesia. Namun setelah diuji coba di beberapa kota, tank itu mampu leluasa berlalu lalang di jalanan.
Ada yang Modern, Ada yang Ketinggalan Presiden Joko Widodo turut serta melihat-lihat pameran alutsista TNI AD. Mulai dari helikopter Super Puma hingga Tank Leopard dipamerkan, walau diakui Jokowi beberapa di antaranya sudah ketinggalan.

"Kita melihat pameran alutsista yang kita miliki dan saya kira menjadi kebanggaan kita semuanya. TNI memiliki alutsista yang sudah modern, ada juga yang masih ketinggalan," pidato Jokowi dalam penutupan pameran dalam rangka Hari Juang Kartika ke-69 di Taman Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014).

Walau menemukan beberapa alutsista sudah tak sesuai zamannya, Jokowi menyatakan pemerintah dan negara akan memperbaiki semuanya. Tentu dengan pengadaan sejumlah alutsista modern seperti drone dan tank Leopard Evolution.

"Komitmen pemerintah dan negara, saya kira, memperbaiki semuanya dan kita ingin negara ini punya wibawa dan alutsista. Alutsista yang kita punya sekarang memperlihatkan arah ke sana, bahwa Indonesia adalah negara besar dan kita harus punya wibawa," ucap Jokowi.

"Pameran yang bisa dilihat oleh masyarakat menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap TNI karena TNI AD telah memperlihatkan tank, helikopter serbu, helikopter angkut hingga meriamnya, hampir semuanya," tambah Jokowi.

Presiden RI ketujuh itu menambahkan, keberadaan alutsista canggih seperti drone juga menyumbangkan rasa bangga ke masyarakat. Sehingga Jokowi melihat semangat bela negara tumbuh dari masyarakat yang hadir di acara itu.

"Kita punya juga yang berkaitan dengan drone di Kopassus tadi, senjata-senjata juga komplet dan modern. Saya melihat masyarakat sangat bangga, sangat bangga sekali memiliki TNI. Jadi itulah yang ingin kita hadirkan dalam pameran ini, sehingga menimbulkan semangat bela negara," tutup Jokowi.

Dalam pameran ini, Jokowi sempat naik kendaraan taktis buatan PT Pindad, Anoa, dan juga mengintip 'daleman' tank Leopard. Cukup lama ia hilir mudik bersama Komandan Paspampres Mayjen Andika Perkasa dan KSAD Jenderal Gatot Nurmantyo. Pameran ini dibuka sejak Jumat lalu dan berakhir hari ini.
Presiden Jokowi Akan Tambah Anggaran TNI di APBN-Perubahan Presiden Joko Widodo mengaku akan menambahkan anggaran TNI melalui APBN-Perubahan. Penambahan anggaran ini digunakan untuk modernisasi alutsista TNI.

"Kita akan tambahkan lagi dalam APBN-P," kata Jokowi di acara Pameran Alutsista TNI AD, Taman Monas, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014).

Jumlah penambahan anggaran ini masih belum diketahui. Jokowi sendiri mengaku tidak hapal karena angkanya diurus oleh sejumlah kementerian.

"Saya nggak hapal secara rinci, angkanya (dipegang) Pak Menhan, Menko Polhukam dan KSAD yang lebih hapal," ucap Presiden RI ketujuh itu.

Penambahan anggaran ini diharapkan Jokowi bisa digunakan untuk menutupi kekurangan alutsista modern yang digunakan TNI. "Karena semuanya masih kurang, baik darat, laut dan udara. Akan terus kita tambah," tutup Jokowi.

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More