Rabu, 24 Desember 2014

Kenali gejala penyakit lewat air seni!

Ilustrasi toilet

Saat buang air kecil, apakah Anda sering menyempatkan diri untuk melihat seperti apa air seni yang Anda keluarkan? Jika tak pernah, sebaiknya Anda mulai melakukannya nanti saat buang air kecil. Ini karena bau, warna, dan konsistensi air seni juga bisa memberikan petunjuk mengenai apa yang terjadi pada tubuh Anda.

Bau dan warna tertentu dari air seni bisa membantu Anda mengetahui kesehatan juga. Berikut adalah beberapa gejala yang wajib diketahui pada air seni ketika kesehatan bermasalah, seperti dilansir oleh Women's Health Mag (22/12).

1. Berbau manis

Air seni yang berbau manis tak ada hubungannya dengan makanan manis yang Anda konsumsi. Air seni yang manis adalah gejala penting yang menunjukkan adanya diabetes. Bagi penderita diabetes, air seni yang berbau manis menandakan tingkat gula darah yang sedang melonjak.

2. Air seni keruh

Air seni yang keruh bisa menunjukkan adanya bakteri yang dikeluarkan tubuh. Ini berarti sistem kekebalan tubuh tengah melawan infeksi. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa ada infeksi yang tengah terjadi pada tubuh Anda.

3. Berwarna pink atau kemerahan

Air seni yang berwarna kemerahan bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, seperti blackberry atau bit. Namun jika Anda tak mengonsumsi makanan tersebut dan mengeluarkan air seni berwarna kemerahan, bisa jadi itu disebabkan adanya darah dalam air seni. Itu bisa menunjukkan gejala infeksi saluran kemih, batu ginjal, atau bahkan kanker ginjal dan kandung kemih.

4. Bau tak sedap


Air seni memang berbau tak sedap, namun jika baunya semakin tak sedap sebaiknya berhati-hatilah. Itu bisa jadi pertanda adanya infeksi dalam tubuh.

5. Sensasi terbakar saat pipis

Bukan hanya warna dan bau saja yang harus diperhatikan. Apa yang dirasakan saat pipis juga wajib diwaspadai. Sensasi terbakar saat buang air kecil bisa menjadi tanda adanya infeksi kandung kemih atau penyakit menular seksual.

6. Merasa terus kebelet pipis

Keinginan untuk pipis yang muncul terus-menerus tetapi tak ada air seni yang dikeluarkan adalah tanda dari infeksi saluran kemih. Infeksi ini akan membuat lapisan saluran kemih dan uretra menjadi meradang dan iritasi, sehingga membuat Anda merasa ingin terus pipis. Selain itu ini juga bisa menjadi tanda dari kista.

7. Sering pipis

Sering pipis adalah salah satu tanda kehamilan. Perubahan hormon membuat wanita lebih sering pipis. Namun jika Anda tidak hamil, bisa jadi penyebabnya adalah konsumsi alkohol atau kafein. Sebaiknya periksakan diri, karena ini juga bisa menjadi tanda diabetes dan tumor.

Itulah beberapa tanda yang bisa diperhatikan ketika Anda buang air kecil. Ketika mengalami tanda-tanda di atas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

  ★ Merdeka  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More