blog-indonesia.com

Sabtu, 21 September 2013

Bandara Kertajati Pengganti Husein Sastranegara

Maket Bandara Kertajati Majalengka, Pengganti Bandara Husein Sastranegara, Bandung
Maket Bandara
Manajemen PT Angkasa Pura II berencana membangun bandara baru di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, sebagai pengganti Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Direktur Pengembangan Banda Udara & Teknologi PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi menyatakan, master plan bandara baru telah selesai dan pembangunannya sudah disepakati oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Tinggal penandatanganan saling kesepahaman (MoU), antara PT Angkasa Pura II dengan Pemprov Jawa Barat,” ungkapnya.

Kerja sama dengan Pemrov Jawa Barat ini akan mengadopsi model pembangunan Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara,yang merupakan pengganti Bandara Polonia, Medan. “Dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, pengelolaan dan pembangunan bandara, mesti ada tender. Tetapi karena bandara di Kertajati, Majalengka, merupakan bandara pengganti, maka tidak perlu tender,” tegasnya. Bandara baru itu akan mengadopsi model Bandara Jeddah.

Layout Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat

Sejumlah pengguna jasa Bandara Husein Sastranegara berharap pembangunan bandara baru bisa dipercepat mengingat terlalu sumpeknya Bandara Husein Sastranegara. “Masuk bandara begitu padat, keluar bandara juga padat. Parkir kendaraan susah banget,” tutur Faturahman, pengusaha yang sering bolak-balik Bandung – Kuala Lumpur untuk urusan bisnis.

Kondisi penumpang di Bandara Husein Sastranegara saat ini memang telah mengkhawatirkan, over capacity. Daya tampung tidak sebanding dengan pertumbuhan penumpang. Pada tahun 2012, pertumbuhan penumpang meningkat hampir 100 persen menjadi 1,8 juta penumpang/tahun. Peningkatan ini akibat pergerakan pesawat pada 2012, tumbuh 70 persen.

Untuk mengatasi keadaan darurat ini, Manajemen PT Angkasa Pura II berencana merenovasi Husein Sastranegara dengan segera membangun terminal dan apron yang baru. Budget disediakan sebesar rp 162 miliar, agar Bandara Husein Sastranegara, mampu menampung 3 juta penumpang/tahun, sambil menunggu bandara baru di Majalengka.

Renovasi bandara Husein Sastranegara direncanakan mulai bulan November 2013. Terminal akan diperluas menjadi 6.100 meter persegi dengan kapasitas penumpang 4.111 penumpang per hari.(beritatrans.com)


  JKGR 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More