blog-indonesia.com

Kamis, 13 Februari 2014

UAD Yogyakarta Jajaki Kerjasama dengan Universitas di Belanda dan Jerman

http://fairuzelsaid.files.wordpress.com/2010/05/logo-uad-hitam-putih.jpgYogyakarta Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menjajaki kerja sama dengan dua universitas di Belanda dan satu universitas di Jerman untuk meningkatkan kualitas akademik dan penelitian.

"Penjajakan kerja sama kami lakukan dengan mengunjungi ketiga universitas tersebut," kata Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kasiyarno di Yogyakarta, Senin (10/2).

Menurut dia, ketiga universitas di negara Eropa itu adalah University of Groningen dan Leiden University Medical Centre, Belanda, dan University of Oldenburg, Jerman.

Kunjungan kedua negara di Eropa itu, kata dia, dalam rangka persiapan kerja sama penelitian, pertukaran tenaga pengajar, pengiriman staf untuk studi S-3, dan penjajakan kerja sama konkret bidang akademik lainnya terutama yang ditawarkan dalam skema Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"UAD dan ketiga universitas tersebut telah bersepakat untuk menjalin kerja sama yang akan dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU)," katanya.

Ia mengatakan kunjungan ke University of Groningen melakukan pembahasan kerja sama penelitian dan akademik. "University of Groningen juga memiliki proyek yang bernama Singa (Spirit Indonesia Groningen). Proyek itu merupakan program beasiswa dari Bank Dunia," katanya.

Menurut dia, kunjungan ke Leiden University Medical Centre membahas rencana kerja sama dalam bidang penelitian, pengiriman staf pengajar untuk studi S-3, dan pertukaran staf akademik.

Di University of Oldenburg, tim UAD mengunjungi perpustakaan dengan tata kelola perpustakaan yang modern. Informasi yang diperoleh akan dijadikan referensi bagi UAD untuk mengembangkan fasilitas perpustakaannya.

Selanjutnya, tim UAD mengunjungi Pusat Penelitian Energi Terbarukan universitas itu dan membahas peluang kerja sama riset dan pertukaran staf akademik.

"Melalui kunjungan ke tiga universitas di Eropa tersebut diharapkan UAD dapat mencapai kemajuan dan prestasi akademik serta meningkatkan prestasi mahasiswa dan lulusannya," kata Kasiyarno.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More