blog-indonesia.com

Kamis, 27 Februari 2014

Pembayaran Pakai Ponsel Mulai Dikenalkan di Kampus Indonesia

Pembayaran konsep mobile payment dengan menggunakan ponsel pintarIni mengefisiensikan pengeluaran perusahaan dan mencegah uang palsu

Transaksi elektronik melalui ponsel di Indonesia masih belum populer. Namun kondisi itu tidak mengurangi niat PT. Skye Sab Indonesia untuk meluncurkan layanan uang elektronik (e-money) untuk keperluan transaksi komunitas.

Menggandeng Universitas Binus, Skye merilis BEAT (Binus Easy Transaction), sebuah layanan uang elektronik untuk keperluan transaksi komunitas Binus.

"Kami pemakai terbesar untuk sosial media dan chatting, tapi kami harap untuk mobile money dan mobile transaction kita bisa membuat dari dan untuk Indonesia, bukan hanya jadi konsumen saja," ujar Kendra Hendro, Managing Director PT. Skye Sab Indonesia, kemarin di Kampus Binus University, Kebon Jeruk, Jakarta.

Kendra menjelaskan layanan BEAT memungkinkan pengguna bertransaksi pembelian pulsa, voucher game, tagihan listrik, TV pra bayar, kartu kredit, tiket kereta sampai keperluan pembayaran terkait kemahasiswaan.

Untuk menggunakan layanan ini pengguna diharuskan mengunduh aplikasi BEAT memindai kode QR BEAT atau mengunduh langsung pada http://www.skye.co.id/beat. Aplikasi ini bisa berjalan pada perangkat BlackBerry sistem operasi 5 ke atas dan Android minimal versi 2.3.6 ke atas. Untuk perangkat iOS, akan menyusul kemudian.

Setelah mengunduh, pengguna diharuskan top-up sejumlah uang melalui transfer ATM, mobile banking maupun mobile internet."Top-up ini berbasis ponsel," kata dia.

Setalah sukses Top-up, maka pengguna bisa segera melakukan transaksi dengan modal ponsel saja, di mana saja dengan mudah dan nyaman.

Keamanan Transaksi

Dalam antarmuka aplikasi, ditampilkan beberapa menu utama seperti pembelian, pembayaran, komunitas, kotak pesan, Top up, account, Referensi. Menariknya, untuk menarik penggguna, Skye menyediakan bonus poin untuk tiap kali satu stransaksi.

Kendra mengatakan untuk keamanan transksi, sistem ini sudah terjamin. Sebab layanan Skye ini sudah diakui oleh Bank Indonesia sebagai perusahaan yang menjalankan transaksi lewat mobile.

"Skye termasuk dari 17 perusahaan yang telah mendapat lisensi Bank Indonesia," kata dia yang memastikan sistem ini telah aman dari fraud.

Dengan transaksi lewat mobile, menurutnya dapat mendukung program cahsless society yang dicanangkan pemerintah. Mobile money juga, kata dia, mengefisiensikan pengeluaran perusahaan dan menekan uang palsu.(eh)



  ♞ Vivanews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More