blog-indonesia.com

Kamis, 06 Februari 2014

Indonesia – Finlandia Akan Kembangkan Biomasa

finlandiaJakarta Indonesia bersama Pemerintah Finlandia akan mengembangkan energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE), termasuk biomasa seperti sampah dan air sebagai sumber energi alternatif.

“Kerjasama ini sangat tepat karena saat ini sumber energi Finlandia 80 persen bersumber dari biomasa,” kata Dirjen EBTKE Kementerian Energi dan Sumber Daya Moneral (ESDM), Rida Mulyana, Rabu (5/2).

Selain untuk meningkatkan akses energi dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan, ia mengemukakan juga untuk efisiensi energi melalui proyek kerja sama antarlembaga seperti LSM, swasta, institusi publik, lembaga pendidikan dan penelitian serta organisasi nasional serta internasional.

Kementerian ESDM sendiri sudah menyiapkan langkah-langkah guna menyikapi kebutuhan energi nasional. Di antaranya mencetuskan catur dharma energi yakni memperbanyak kegiatan eksplorasi dengan memberikan insentif agar investor tertarik.

Mengurangi pemakaian BBM, terutama sektor pembangkit listrik. Selanjurnya mendorong secara masif pengembangan energi baru terbarukan dan terakhir, lakukan gerakan hemat energi.(setiawan/yo)


  Poskota  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More