blog-indonesia.com

Kamis, 11 Oktober 2012

BUMN Bangun 3 Proyek Besar di Papua

 "Pembangunan jalan tol di Sumatera dapat ditangani New Hutama Karya."

Menteri BUMN Dahlan Iskan
Sejumlah perusahaan BUMN akan ikut membangun 3 proyek besar di kawasan Papua. Tiga proyek besar itu yakni pembangunan PLN di Wamena, pembangunan pabrik sagu di Sorong, dan pembangunan pelabuhan di Sorong. 

"Untuk pembangunan pelabuhan di Sorong akan ditangani oleh Pelindo IV. Pembangunan pabrik sagu akan dilaksanakan oleh PT Perhutani," kata Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam acara pengarahan kepada jajaran BUMN oleh Presiden RI di Yogyakarta, Rabu 10 Oktober 2012.

Kementerian BUMN, kata Dahlan, juga membuat PT New Hutama Karya yang bergerak dalam bidang pembangunan jalan raya yang selama ini ditangani oleh Jasa Marga. PT New Hutama Karya ini diharapkan menjadi solusi bagi pembangunan jalan raya seperti jalan tol yang secara ekonomis nilainya kurang sehingga perusahaan swasta enggan untuk menanganinya.

"Pembangunan jalan tol di Sumatera misalnya dapat ditangani oleh New Hutama Karya karena secara ekonomis kurang menguntungkan bagi perusahaan swasta," jelasnya.

Kementerian BUMN melalui perusahaan BUMN yang bergerak dalam kelompok strategis khususnya pangan juga siap untuk melakukan investasi di bidang pangan. Jika tidak ada saling jegal di antara BUMN yang bergerak dalam bidang pangan maka pada tahun 2012 ini ditargetkan musim tanam kali ini mencapai 3,2 juta hektar lahan padi. "Kementerian BUMN akan membantu petani dalam hal benih, pengadaan pupuk dan juga pendampingan kepada para petani," jelasnya.

Khususnya penambahan lahan pertanian sebanyak 100 ribu hektar di kawasan Kalimantan Timur gagal dilaksanakan dan dialihkan di Kalimantan Barat yang hitungan biayanya jauh lebih murah daripada menggunakan lahan di Kalimantan Timur.

"Kita gagal mendapatkan lahan itu karena kalah cepat dan Pemerintah Kalimantan Timur juga menginjinkan tanah tersebut untuk dikembangkan tanaman kelapa sawit," ujarnya.

Dahlan mengaku perbaikan manajemen pada perusahaan BUMN khususnya pabrik gula di Indonesia yang berjumlah 52 buah sudah terlihat hasilnya. Jika sebelumnya masih ada 22 perusahaan gula yang merugi maka dengan perbaikan manajemen hingga saat ini sudah membaik dan tinggal 1 perusahaan gula di Sulawesi Selatan yang masih merugi.

"Kalau dulu memimpin perusahaan gula harus melalui jenjang tertentu sehingga pemimpin pabrik gula sudah usia tidak muda lagi namun saat ini anak mudapun bisa memimpin perusahaan gula," ujarnya.

Secara keseluruhan kata Dahlan BUMN yang berjumlah 141 dengan rincian 110 BUMN yang sehat dan sisanya ada yang mati suri dan bahkan ada yang menjadi mayat dan harus dikubur. "Yang mati suri coba kita hidupkan kembali. Namun kalau terpaksa tidak bisa maka mayat tersebut harus dikubur atau ditutup," ujarnya.(eh)

 Hadiah Dahlan Iskan Untuk SBY

New Hutama Karya akan garap proyek non profit.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan memberikan hadiah khusus kepada Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Hadiah itu berupa sebuah BUMN baru yakni PT New Hutama Karya, sebuah BUMN khusus pengelola dan pengembang jalan tol.

Dahlan mengatakan, perusahaan BUMN New Hutama Karya itu dibangun dan siap menerima penugasan dari Presiden SBY untuk mengerjakan proyek jalan tol strategis. Namun tidak menarik dari hitungan bisnis.

"Kami ubah New Hutama Karya untuk proyek jalan tol. Nanti tidak IPO dan 100 persen dimiliki negara, maka pak Presiden bisa menyuruh mengerjakan proyek yang tidak ekonomis, dan Jasa Marga tidak mau," Kata Dahlan disela-sela Rapat Kerja Badan Usaha Milik Negara di Sahid Rich Hotel, Yogyakarta, Rabu 10 Oktober 2012.

Dahlan menuturkan, hadiah tersebut untuk mengurangi beban utang luar negeri dalam membiayai proyek jalan tol dan juga mempercepat program MP3EI. Proyek terdekat New Hutama Karya adalah pengembangan jalan tol ruas Sumatera.

"HK siap membuat 5 ruas jalan tol sumatera. Ini dicoret pinjaman luar negeri, HK tinggal menunggu penugasan pak SBY. Kalau akhir 2012 bisa penugasan. Akhir 2014 beberapa ruas sudah selesai," jelasnya.(eh)

© VIVA.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More