blog-indonesia.com

Rabu, 21 Januari 2015

Gebrakan yang Akan Dilakukan Susi 5 Tahun ke Depan

Di depan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memaparkan rencana-rencana yang akan dilakukannya dalam 5 tahun ke depan?

"Kita ingin menjadikan laut sebagai masa depan bangsa. Kita punya wilayah 2/3-nya air. Akan dibuat arah kebijakan untuk 2015-2019," jelas Susi dalam rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Pertama, papar Susi, pemerintah akan mengelola sumber daya kelautan secara berkelanjutan. Rencana ini sesuai dengan arahan menjadikan laut sebagai masa depan bangsa.

"Jadi direncanakan dengan benar dari zonasi tangkap, jenis, dan lainnya. Karena dengan panjang pantai 91 juta km itu dibandingkan di dunia kita. Pantai nomor 2 terpanjang, tapi ekspor kita hanya nomor 5 di ASEAN," jelas Susi.

Kedua, Susi ingin meningkatkan daya saing yang berkelanjutan di sektor perikanan. Caranya dengan menjaga bisnis perikanan dan metode penangkapan.

"Ketiga, mengembangkan kompetensi SDM dan Iptek.

Keempat, membangun tata kelola yang efektif dan akuntabel. Karena sumber daya alam sangat besar, saya ingin pengelolaan di industri perikanan akuntabel dan transparan," papar Susi.

Untuk mencapai fokus tersebut, Susi mengatakan, dirinya akan memberantas pencurian ikan, atau Illegal Unreported Unregulated (IUU) fishing.

Soal pencurian ikan, Susi mengatakan, ada 1.300 kapal eks asing yang mengambil ikan di Indonesia. Bisa dibayangkan berapa banyak ikan yang bisa dicuri dari kapal-kapal ini.(dnl/hen)

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More