Kamis, 19 November 2015

★ KN Gajah Laut Milik Bakamla

Buatan Galangan Kapal di BangkaKN Gajah Laut 4804 Milik Bakamla

Kapal patroli 48 meter bernama KN Gajah Laut 4804 milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) meluncur mulus ke laut saat acara peluncuran di galangan kapal milik PT Pahala Harapan Lestari, Ketapang Pangkalbalam, Bangka, Rabu (07/10/2015).

Peluncuran kapal ini disaksikan Kepala Bakamla, Laksamana Madya Maritim Desi Albert Mamahit; Dir Harwat Laksamana Pertama Maritim Frederik Kalalembang; Dirpolair Polda Babel; Danlanal Babel; tim pengawas kapal, Kepala Bank Indonesia, Bayu Martanto; dan Area Manager Bank Mandiri.

Kapal patroli Bakamla dibuat PT Pahala Harapan Lestari Bangka Belitung pada 2015. Kapal ini akan dipergunakan untuk keperluan operasional Bakamla.

"Kapal patroli KN Gajah Laut 4804 akan memperkuat jajaran armada kapal patroli Bakamla RI yang sudah ada dan sudah beroperasi di antaranya KN Bintang Laut 4801, KN Singa Laut 4802 dan KN Kuda Laut 4803," ujar Albert kepada bangkapos.com.

Menurut Albert kemungkinan kapal patroli tersebut akan beroperasi di kantor zona maritim yang ada di Batam. Bakamla puas atas hasil karya kapal yang diproduksi PT PHL.

"Saat ini Bakamla baru memiliki tiga kantor zona maritim yaitu Batam, Manado dan Ambon, dan hingga akhir 2019 nanti ditargetkan berdiri 12 kantor zona maritim," ujar terang Albert.

"Ini merupakan peluncuran kapal negara, proyek pembangunan kapal ini adalah implementasi dari pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan operasional Barkamla, dan pengembangan industri perkapalan nasional," ungkap dia.

PT PHL terpilih memenangkan tender lelang karena memenuhi persyaratan yang ditentukan. "Dan yang pasti semua proses dilakukan secara wajar dan transparan," tegas Albert.

Sementara itu, Direktur Utama PT PHL, Irwan Rudyanto mengungkapkan sebagai wakil dari industri galangan Indonesia, pihaknya berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi persyaratan spesifikasi teknis.

"Kami yakin hanya dengan pemenuhan semua persyaratan inilah maka kepercayaan Bakamla RI pada dunia industri galangan kapal nasional akan semakin tinggi, dan tentu sejalan dengan niatan presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesiasebagai poros maritim dunia," ujar Irwan.

PT PHL telah membangun lebih dari 84 unit kapal berbagai tipe dan berkesinambungan meningkatkan produktifitas baik dari segi kuantitas atau kualitas. Ditunjang beberapa tenaga ahli berkompeten di bidang perkapalan dari berbagai perguruan tinggi.

 Spesifikasi KN Gajah Laut 4804: 


Panjang: 48.50 meter
Lebar: 7.80 meter
Tinggi geladak utama: 3.50 meter
Syarat maksimum: 1.70 meter
Kecepatan: 21 knots
Konstruksi: baja, alumunium

  Tribunnews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More