blog-indonesia.com

Jumat, 18 Mei 2012

Arang jerami bisa untuk bahan tinta

Yogyakarta (ANTARA News) - Arang jerami dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan tinta alat tulis untuk whiteboard, kata peneliti dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta Niar Suhartini.

"Hasil penelitian menunjukkan jerami yang telah diarangkan memiliki kandungan senyawa karbon yang cukup banyak. Senyawa karbon itu dapat digunakan sebagai pewarna hitam alami untuk tinta whiteboard," katanya di Yogyakarta, Jumat.

Dengan demikian, menurut dia, arang jerami juga lebih ramah lingkungan, dan aman bagi kesehatan.

"Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan tinta organik dengan bahan dasar arang jerami, dan untuk mengetahui pengaruh penambahan jumlah arang jerami terhadap pengurangan kadar `Volatile Organic Compound`," katanya.

Ia mengatakan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap penggunaan tinta organik dengan bahan dasar arang jerami.

"Hasil analisis terhadap lima sampel tinta arang jerami menunjukkan bahwa sifat-sifat fisik tinta, yakni viskositas, tegangan muka, dan `retordation factor` telah memiliki kualitas yang hampir sama dengan tinta `whiteboard` biasa," katanya.

Menurut dia, dilihat dari segi kepekatan warna dan daya adhesi terhadap whiteboard, tinta arang jerami tidak berbeda dengan tinta whiteboard biasa.

"Hasil uji organoleptik pada 10 orang responden menunjukkan bahwa aroma tinta arang jerami tidak menyengat dan tidak menyebabkan pusing seperti pada tinta whiteboard biasa," katanya.

Selain itu, kata dia, hasil tulisan tinta pada whiteboard, daya hapus tinta, dan kecepatan kering tinta cukup baik.

"Tinta yang paling disukai oleh responden adalah sampel tinta empat, yakni tinta dengan komposisi 35 persen arang jerami, 30 persen akuades, 30 persen alkohol, lima persen resin, dan lima persen propilen glikol," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan penelitian itu juga dapat diketahui bahwa tinta dengan penambahan jumlah arang jerami dapat mengurangi kadar "Volatile Organic Compound" pada tinta arang jerami.

"Dengan berkurangnya kadar `Volatile Organic Compound` pada tinta arang jerami, maka kandungan zat berbahaya dalam tinta berkurang, sehingga tinta arang jerami lebih aman digunakan," katanya(B015/M008) 


ANTARA News

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More