blog-indonesia.com

Rabu, 30 Mei 2012

Alex : "Sumsel free WiFi, Jakarta menyusul"

Jakarta (ANTARA News) - Sumatera Selatan Cyber City merupakan konsep kota modern yang berbasis teknologi, sehingga konsep itu di  masa depan akan memudahkan masyarakat mengakses layanan informasi tanpa batas melalui internet.

Siaran pers Humas Pemprov Sumsel yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin akan meluncurkan program cyber city (kota modern berbasis teknologi informasi) di Palembang pada Kamis, 1 Juni 2012.

Sebuah kota dengan konsep cyber city yang telah mapan akan menjadi sebuah kota yang terkoneksi di seluruh bidang. Berbagai kebutuhan masyarakat kota dalam berbagai bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan akan tersaji dalam satu konsep saling berhubungan, sehingga konsep cyber city akan dapat meningkatkan kualitas masyarakat Sumsel.

Sementera itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Sumsel, Ir Sarimuda MT menjelaskan tujuan program itu merupakan salah satu cara Pemprov Sumsel untuk mencerdaskan masyarakat agar melek teknologi.

"Ini juga merupakan konsep logis dari meningkatnya kebutuhan masyarakat yang ingin mengakses internet secara luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja. Konsep ini juga sudah diterapkan di sejumlah kota besar di dunia," katanya.

Menurut dia, pemasangan hot spot WiFi (wireless fidelity) di sejumlah tempat terbuka seperti taman kota, tempat olahraga, bandara, pelabuhan, terminal, pusat perbelanjaan modern dan tempat wisata akan semakin memudahkan masyarakat untuk beraktivitas secara lebih leluasa dalam satu yang bersamaan.

Di samping itu, keberadaan layanan akses internet akan memancing minat wisatawan, baik mancanegara maupun domestik untuk berdatangan ke lokasi hot spot layanan internet.

Demikian juga para pebisnis dapat memanfaatkan internet di ruang publik, sehingga Palembang dan Sumsel akan menjadi salah satu daerah tujuan bisnis dan objek wisata yang diharapkan bisa semakin terkenal dalam skala nasional maupun internasional.

Pengguna laptop, "Windows Mobile" atau "Smart Phone" dapat berinternet dari mobil yang melaju di jalan raya, rumah, kantor, kafe, bahkan di pinggiran Kota Palembang.

"Berwisata sambil mengirim email, menyantap makanan sambil mengerjakan tugas kantor, sekolah atau kuliah adalah contoh aktivitas yang bisa dilakuka secara bersamaan dengan program cyber city ini. Model kerja dinamis ini akan menjadi tren di Palembang, Juni nanti," katanya. (*)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More