Senin, 01 Februari 2016

Tak Ada Penelitian di Tengah Kota

JK Minta BPPT Pindah ke Serpong[Lamhot Aritonang]

Kegiatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mulai dipindahkan dari MH Thamrin ke Serpong sejak 2011 lalu. Hanya saja pemindahan tersebut belum seluruhnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla pun meminta BPPT segera beraktivitas penuh di Serpong, Tangerang Selatan. Permintaan ini telah disampaikan JK dalam beragam kesempatan, termasuk hari ini, saat membuka Rakernas Kemenristekdikti 2016.

"Banyak orang BPPT yang tersinggung karena saya minta pindahkan semua BPPT. Nggak ada penelitian di tengah kota di dunia ini. Tempat penelitian di tengah lalu lintas yang macet. Semua di tempat yang tenang," kata JK di Gedung Graha Widya Bhakti, Puspitek, Serpong, Banten, Senin (1/2/2016).

"Jadi kalau Anda pure scientist, pergilah ke Serpong untuk meneliti. Duduk dengan baik, meneliti dengan baik. Berikan sesuatu untuk bangsa ini. Karena itu saya katakan, jangan di Thamrin, kembali ke Serpong," lanjutnya.

JK bercerita, 20 tahun lalu ketika ia berkantor di kawasan Thamrin, kerap berkunjung ke kantor BPPT. Baik untuk sekedar bertemu teman, atau untuk melaksanakan salat Jumat.

"Saya lihat kerjanya baca koran saja," ujar JK.

JK menjelaskan, selain tenang, Serpong juga lokasinya dekat dengan perusahaan-perusahaan. Apalagi penemuan teknologi erat kaitannya dengan penerapan konkret di perusahaan-perusahaan.

"Bagaimana aplikasi dan hubungan teknologi dan perusahaan? Di Jepang, universitas bantu teknologi, nuklir pun ditemukan di universitas. Semua ada hubungan dengan pemerintah. Pemerintah pendorong teknologi hebat," tutur JK. (rna/rvk)
 

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More