Selasa, 18 Oktober 2016

Tidak Hanya Curi Ikan, Kapal Asing Juga Selundupkan Senjata Hingga Narkoba

Ilustrasi Illegal fishing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sangat keras menentang beroperasinya kembali kapal-kapal asing di Indonesia terutama yang pernah terjaring penangkapan akibat tindak pencurian ikan alias illegal fishing atau penangkapan ikan secara ilegal.

Ia menyebutkan, kapal asing ini telah menimbulkan banyak kerugian tidak hanya illegal fishing dari laut Indonesia. Sebagian besar kapal-kapal illegal fishing juga dilakukan untuk menyelundupkan senjata api, minuman keras, hingga narkoba dari dan ke Indonesia.

"Illegal fishing bukan hanya pencurian ikan. Illegal fishing ada penyelundupan senjata, miras, barang-barang yang tidak sepantasnya masuk ke wilayah-wilayah tertentu," kata Susi saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi IV di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Susi juga menambahkan bahwa kasus illegal fishing juga menjadi sarana untuk menyelundupkan hewan langka ke luar negeri.

"Keluar Indonesia bukan ikan saja, mereka bawa binatang langka yang dilindungi," ucap Susi.

Malaysia sebagai salah satu negara tetangga juga beberapa kali tertangkap melakukan illegal fishing. Beberapa nelayan asal Malaysia sering tertangkap melakukan penangkapan ikan di laut Indonesia.

"Ada negara memakai illegal fishing sebagai salah satu ekspansi negara, di mana Malaysia di dalamnya," ujar Susi. (dna/dna)
 

  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More