blog-indonesia.com

Rabu, 22 Mei 2013

Robot Penanam Pohon PPNS-ITS Kalahkan Langganan Juara

http://icome.its.ac.id/wp-content/themes/wp_yoghourt/images/its.pngSurabaya - Tim Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya-ITS (PPNS-ITS) patut berbangga. Untuk kali pertama mereka mereguk manisnya menjadi juara pertama ajang Lomba Robot Nasional (Baronas) yang diselenggarakan di Gedung Robotika ITS.

Lawan yang mereka hadapi tak bisa diremehkan. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya-ITS (PENS-ITS) yang sering menjadi langganan juara.

Tim PPNS-ITS yang diperkuat oleh Syamsiar, Zindu dan Sony awalnya tak menyangka bakal keluar sebagai juara. Hal ini lantaran latar belakang pendidikan mereka yang berlabel 'perkapalan' ketimbang elektronika.

"Karena sebenarnya kan kita perkapalan toh. Sedangkan musuh kita banyak yang berasal dari bidang khusus elektronika," ujar kapten tim, Syamsiar kepada detikINET, Selasa (21/5/13).

Robot yang diberi nama 'Robot Dewa Ruci' ini difungsikan sebagai robot yang mampu menanam pohon dan tanaman. Ia bekerja dengan sensor garis dan ultrasonik. Ultrasonik inilah yang bertugas mendeteksi plot lahan yang akan ditanami pohon.

"Ini kita sesuaikan dengan tema lomba yang mengusung tentang penghijauan kembali. Jadi kita buat robot yang bisa menanam tanaman. Karena kan banyak tanaman yang ditebang sekarang ini," tandas mahasiswa semester akhir tersebut.

Syamsiar mengaku, ia dan anggota tim lainnya rela tidur dua jam per hari selama tiga minggu berturut-turut. Bahkan, mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir ini terpaksa tidur di kampus dengan koleganya untuk dapat menyelesaikan robot yang akan dilombakan tersebut.

"Kita kuliah dari jam 7 pagi sampai jam 15.00. Setelah itu langsung garap robotnya sampai jam 2-3 dini hari. Kemudian kita tidur bangun jam lima pagi. Tapi gak sia-sia kok. Menyenangkan hasilnya," pungkasnya.(ash/ash)


  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More