blog-indonesia.com

Rabu, 17 April 2013

Terendam Air, KNKT Kesulitan Baca Black Box Lion Air

bangkai pesawat Lion Air (Foto: Rohmat/Okezone)JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hari ini akan men-download Cockpit Voice Recorder (CVR) atau kotak hitam yang ditemukan oleh tim evakuasi kemarin.

"Jadi kami telah lakukan download, pembacaan grafik-grafik dari FDR. Sedangkan untuk CVR nanti sore akan kami lakukan,"ujar senior investigator KNKT, Marjono di Gedung KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur, Rabu (17/4/2013).

Namun KNKT mengaku kesulitan untuk membaca kotak hitam tersebut karena bagian dalamnya terendam air.

"CVR itu terendam air jadi tidak terburu-buru kami lakukan. Untuk membaca CVR tersebut sangat cepat, tetapi interpretasi sangat lama," imbuhnya.

Masih kata Marjono, pihaknya juga belum bisa mengungkapkan pembicaraan pilot ketika pesawat itu terjatuh di laut. "Hal ini belum bisa diungkap ke publik," tukasnya.

Sekadar diketahui, CVR merupakan bagian dari kotak hitam (black box). Dalam kotak hitam terdapat perekam data penerbangan (Flight Data Recorder/FDR) dan perekam suara kokpit (Cockpit Voice Recorder/CVR). CVR memuat rekaman pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.


  Okezone  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More