Cisauk • Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah pagi ini, Rabu (17/4/2013), meresmikan jalur ganda KA Serpong-Parungpanjang dan elektrifikasi jalur tunggal Maja-Parung Panjang di Stasiun Cisauk, Tangerang.
Jalur ini merupakan bagian dari proyek pengembangan jalur ganda KA Serpong-Parungpanjang-Maja oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Jalur ganda KA Serpong-Parung Panjang sebetulnya sudah digunakan sejak akhir 2012 namun baru diresmikan saat ini.
Sementara itu, pengelektrifikasian jalur Parungpanjang-Maja baru dioperasikan saat ini. Namun jalur tersebut masih bersistemkan jalur tunggal.
"Pembangunan jalur ganda sendiri direncanakan akan selesai akhir 2013," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono kepada wartawan.
Dengan eletrifikasi ini, berarti jalur KA Parungpanjang-Maja sudah bisa dilalui Kereta Listrik seperti commuter line.
Adapun lingkup pekerjaan pembangunan jalur ganda KA Serpong-Parungpanjang-Maja mencakup pembangunan jalur KA baru sepanjang 33 km, pembangunan jembatan KA sebanyak 13 jembatan.
Rehabilitasi juga dilakukan pada beberapa stasiun seperti Stasiun Cisauk, Cicayur, Parung Panjang dan Daru berikut area parkirnya.
Pembangunan jalur ganda Serpong-Parungpanjang - Maja bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lintas KA dari 101 KA/hari menjadi 128 KA/hari dan mengurangi kepadatan jalan raya.
Selain jalur ganda dan elektrifikasi, Kementerian Perhubungan juga meresmikan pengoperasian KRL kerja sama Pemerintah Jerman dan Indonesia sebanyak empat unit.
Jalur ini merupakan bagian dari proyek pengembangan jalur ganda KA Serpong-Parungpanjang-Maja oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Jalur ganda KA Serpong-Parung Panjang sebetulnya sudah digunakan sejak akhir 2012 namun baru diresmikan saat ini.
Sementara itu, pengelektrifikasian jalur Parungpanjang-Maja baru dioperasikan saat ini. Namun jalur tersebut masih bersistemkan jalur tunggal.
"Pembangunan jalur ganda sendiri direncanakan akan selesai akhir 2013," ujar Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono kepada wartawan.
Dengan eletrifikasi ini, berarti jalur KA Parungpanjang-Maja sudah bisa dilalui Kereta Listrik seperti commuter line.
Adapun lingkup pekerjaan pembangunan jalur ganda KA Serpong-Parungpanjang-Maja mencakup pembangunan jalur KA baru sepanjang 33 km, pembangunan jembatan KA sebanyak 13 jembatan.
Rehabilitasi juga dilakukan pada beberapa stasiun seperti Stasiun Cisauk, Cicayur, Parung Panjang dan Daru berikut area parkirnya.
Pembangunan jalur ganda Serpong-Parungpanjang - Maja bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lintas KA dari 101 KA/hari menjadi 128 KA/hari dan mengurangi kepadatan jalan raya.
Selain jalur ganda dan elektrifikasi, Kementerian Perhubungan juga meresmikan pengoperasian KRL kerja sama Pemerintah Jerman dan Indonesia sebanyak empat unit.
0 komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.