blog-indonesia.com

Jumat, 17 Desember 2010

Agrakom Sabet Teknopreneur Award 2010

Butuh 10 tahun bagi Agrakom untuk menjadi perusahaan yang menghasilkan.

VIVAnews - Agrakom Multicitra Siberkom meraih juara pertama kategori Enterprise Teknopreuneur Award 2010. Perusahaan yang menaungi situs berita online www.detik.com ini menyingkirkan lima perusahaan teknologi lainnya.

Perusahaan yang berdiri tahun 1995 dan meluncurkan detik.com pada tahun 1998 ini dinilai berhasil mendorong kewirausahaan dalam bidang teknologi, dan menjadi perusahaan media di tahun 2004.

"Kami mungkin tinggi dalam berteknologi, namun dalam menjalankan bisnis kami menggunakan cara kuno," kata Direktur Sapto Anggoro di Jakarta, 16 Desember 2010. Ia mengatakan memulai bisnis situs berita online gratis karena pasar Indonesia tidak menyukai layanan yang berbayar. "Indonesia senangnya gratis," kata dia.

Sapto mengaku butuh waktu hampir sepuluh tahun untuk menjadi perusahaan yang menghasilkan. "Kami awalnya utang pajak dulu, tahun 2005 baru lunas, jadi tidak dikejar-kejar lagi," kata dia.

Agrakom menyingkirkan Harrif Daya Tunggal Engineering, perusahaan yang bermodalkan garasi dengan bantuan modal Rp 500 juta sekarang memiliki aset senilai Rp 1 triliun. Finalis lainnya Smart Meter Indonesia, Antar Mitra Prakasa dan MLW Telecom.

Menurut salah satu dewan juri Amir Sambodo, penghargaan ini mendorong prospek bisnis teknologi informasi di Indonesia. "Ini karena dunia bisnis mengalami pertumbuhan yang sangat cepat dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi," ia menjelaskan di sela-sela acara penganugerahan Teknopreneur Award, 16 Desember 2010.

Sementara untuk kategori start up juara pertama diraih oleh Agate Studio. Perusahaan pembuat game online ini baru berumur satu tahun. Agate bermimpi merubah cerita seram menjadi kisah pahlawan melalui permainan. Pemenang favorit Inaicta 2009 ini kini memiliki tiga permainan online.

Finalis Start Up lainnya adalah Daun Biru Engineering, Sangkuriang Internasional, QWords, GCM Ednovation, Lorco Menara Multimedi dan Indonesia Environment Consultant.

Penghargaan Teknopreneur Award sendiri digelar oleh Ikatan Alumni ITB, Teknopreneur Indonesia, dan Tekno Ventura, dengan dukungan KADIN Indonesia, HIPMI, dan Komite Inovasi Nasional, menggelar Teknopreneur Award 2010.

Beberapa perusahaan yang sempat meraih penghargaan ini, antara lain adalah PT Zahir Accounting (2008) yang fokus pada produk software akuntansi dan PT Sarimas Ahmadi Pratama (2009), yang bergerak di bidang industri mesin, terutama mesin otomotif. (umi)


VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More