blog-indonesia.com

Selasa, 21 Desember 2010

Presiden Resmikan Pemancar TV Digital TVRI

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan pemancar televisi digital TVRI Jakarta, Surabaya dan Batam, menandai era baru teknologi penyiaran.

Peresmian ini dilakukan Presiden SBY didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di Gedung Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta. Peresmian ditandai dengan dialog video conference SBY dengan Gubernur Surabaya dan Batam.

"Ini adalah babak baru dan langkah maju TVRI untuk meningkatkan kualitas sehingga makin kredibel dan handal. Harapan kita di masa depan, setiap daerah berada dalam kondisi yang sama dan terhubung sehingga bisa menaburkan keadilan," ujar Presiden SBY dalam sambutannya.

Dalam dialog video conference SBY berharap jika nanti siaran televisi digital ini akan membuat komunikasi lebih baik lagi, khususnya komunikasi pemerintah dengan masyarakat.

Nantinya siaran televisi digital ini akan menjadi standar baru siaran televisi secara global. Digitalisasi siaran televisi indonesia ini bahkan lebih awal dari pada yang diterapkan oleh pemerintah dan kalangan industri pertelevisian Amerika Serikat yang menurut rencana baru akan dimulai tahun 2011.

Siaran televisi digital ini menggantikan teknologi analog yang selama ini digunakan di Indonesia, yang keunggulannnya tak hanya pada kualitas gambar tapi juga pada kemampuannya yang mobile. Artinya televisi tak hanya statis diakses dan disaksikan di rumah, perkantoran, atau tempat umum lainnya yang dipasang secara permanen, tetapi juga dapat diakses dalam posisi bergerak di perangkat seluler ataupun perangkat televisi yang dipasang di mobil sekalipun dengan kualitas yang jernih Siaran televisi digital ini menggantikan teknologi analog.

Menurut data Nielsen di awal 2010, sekira 92 persen masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dinilai siap menerima siaran digital. Seperti diketahui pada tahun 2010 ini merupakan siaran pertama perpaduan antara analog dengan digital untuk memulai tahapan awal migrasi ke TV Digital.

Pemerintah memang telah lama mengupayakan siaran televisi digital. Diharapkan siaran televisi digital ini akan mulai diimplementasikan secara penuh pada 2018. Oleh karena itu ada beberapa tahap yang harus dilakukan menuju implementasi siaran digital. Tahap pertama adalah periode 2010-2014 berupa siaran simulcast yaitu siaran berbarengan antara analog dan digital. Pada tahun 2014-2017, sejumlah siaran analog di beberapa wilayah akan dimatikan sebagian. Setelah 2017, seluruh siaran analog nantinya akan dimatikan.igitalisasi siaran televisi indonesia ini bahkan lebih awal dari pada yang diterapkan oleh pemerintah dan kalangan industri pertelevisian Amerika Serikat (AS) yang menurut rencana baru akan dimulai tahun 2011. (srn)


Okezone

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More