blog-indonesia.com

Kamis, 30 Desember 2010

Ilham Habibie: Islam Berpeluang Kembangkan Sains dan Teknologi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Islam mempunyai peluang untuk mengembangkan sains dan teknologi sebab Islam menekankan kebebasan berpikir. Menurut Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia se-Indonesia (ICMI), Ilham A Habibie, kemajuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terletak pada kebebasan berpikir. “Tetapi, kebebasan berpikir yang mempunyai koridor dan batasan syariat,” kata dia dalam seminar “Aktualisasi Nilai-nilai Keimanan dalam Ajaran Islam di Dunia Sains dan Teknologi”, di Jakarta, Kamis (30/12)


Ilham menjelaskan maksud dari kebebabasan berpikir, ''Alam semesta yang berada di sekitar manusia adalah modal dan dasar penting untuk memahami ciptaan Allah. Mengerti ciptaan tersebut mestinya akan mengetahui sifat Allah dan mendekatkan diri kepada-Nya. Sebab itu, pengunggunaan berpikir dalam Islam bertujuan untuk menguatkan bukti-bukti tentang hakikat Allah.''

Hanya saja, kata Ilham, minat umat Islam mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi masih lemah. Usaha mendasar yang bisa ditempuh umat Islam untuk mengembalikan kejayaan di bidang iptek adalah memperbaiki lembaga pendidikan. Nilai-nilai kebebasan berpikir dan seruan Islam untuk menginterpretasi penciptaan Tuhan harus dijadikan kerangka dalam dunia pendidikan Islam.

Selain itu, ungkap Ilham, langkah berikutnya yang harus ditempuh umat Islam yaitu aktif dan produktif serta berkonstribusi terhadap kesejahteraan dan kemanjuan dunia secara luas. Dengan itu, nilai-nilai universal Islam melalui produk-produk dalam bentuk sains dan teknologi dapat disadari dan dinikmati oleh peradaban dunia global.

Inilah, kata Ilham, solusi menciptakan kembali iptek di dunia Islam. Umat Islam harus mempunyai orientasi membangkitkan peradaban ke depan. “Jangan terus membayangkan kemajuan peradaban di masa silam, tapi bagaimana membangkitkan kembali prestasi tersebut di masa mendatang,” kata Ilham.


Republika

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More