blog-indonesia.com

Minggu, 13 September 2015

Kadin: Singapura Maju Karena Uang Masyarakat RI

Kadin mengungkapkan bahwa berkembangnya perekonomian Singapura sehingga menjadi negara maju, lantaran banyaknya uang masyarakat Indonesia yang terparkir di Negeri Singa tersebut.http://cdn.sindonews.net/dyn/620/content/2015/09/12/34/1043877/kadin-singapura-maju-karena-uang-masyarakat-ri-1Bl.jpgFoto: Ilustrasi/Istimewa

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengungkapkan bahwa berkembangnya perekonomian Singapura sehingga menjadi negara maju, lantaran banyaknya uang masyarakat Indonesia yang terparkir di Negeri Singa tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Suryani SF Motik mengungkapkan, majunya perekonomian Singapura sejatinya memang tidak terlepas dari peran Indonesia. Disebut-sebut, uang warga negara Indonesia yang bercokol di sana hingga triliunan rupiah.

"Singapura bisa hidup dari uangnya orang Indonesia. Ada dana triliunan orang Indonesia disana," ujarnya di Jakarta, Sabtu (12/9/2015).

Dia mengatakan, warga negara Indonesia (WNI) lebih gemar menyimpan uangnya di negara tetangga lantaran merasa negara tersebut memberikan jaminan keamanan yang lebih besar dibanding di Tanah Air. Selain itu, bunga yang dipatok perbankan Singapura pun jauh lebih kecil dibanding Indonesia.

"Kenapa orang Indonesia menyimpan dana di sana karena ada rasa kemananan. Bunganya juga lebih kecil," imbuh dia.

Sebab itu, sambung Suryani, pemerintah perlu mencari cara agar aliran dana tersebut dapat kembali masuk ke Indonesia. Salah satunya dengan penerapan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) yang sempat bergulir di Tanah Air.

"Kalau tax amnesty dilakukan, uang akan balik lagi ke sini. Memang harus ada yang batasi misalnya. Juga nantinya bagaimana government spending dan masyarakat juga harus bisa spending," tandasnya. (lly) (dmd)




  ✈️ sindonews  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More