Minggu, 10 Mei 2015

Prahaa Sentani Jadi Pasar Percontohan Terpadu

http://defence.pk/attachments/pasar1-jpg.220022/Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadikan Pasar Prahaa di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, sebagai pasar percontohan Indonesia yang terpadu antara pasar dengan terminal.

"Ini memudahkan masyarakat untuk datang ke pasar dan lebih gampang untuk berbelanja. Karena itu pasar ini akan menjadi pasar percontohan pertama di Indonesia yang terpadu antara pasar dan terminal," kata Jokowi di hadapan ribuan pedagang yang bercampur dengan masyarakat setempat di Sentani, Papua, Sabtu (9/5/2015).

Dirinya juga tak lupa mengingatkan pedagang untuk menjaga kebersihan, sebab Pasar Prahaa akan menjadi pasar yang modern. Demikian pula dengan terminal di dekat Pasar Prahaa yang harus dijaga kebersihannya.

"Pasar ini akan menjadi pasar yang modern, bersih dan bagus. Tapi tentunya pasar ini untuk mama-mama Papua yang ada di sini ya," ucap Jokowi yang disambut tepuk tangan para pedagang.

Pada kesempatan itu Jokowi juga mengapresiasi tinggi pembangunan Pasar Pharaa yang menggunakan variasi adat Suku Sentani.

"Saya kaget dengan pembangunan Pasar Pharaa ini karena awalnya saya kira hanya pembangunan pasar saja, ternyata sudah ada terminal dan tempat pengolahan sampah menjadi pupuk," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Pasar Prahaa dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir 2015 dan Jokowi berjanji akan meresmikan pasar tersebut. Pasar Prahaa Sentani juga dilengkapi dengan pendidikan anak usia dini (PAUD), perpustakaan dan tempat penitipan anak. Semua fasilitas itu dikhususkan untuk pedagang yang berjualan di Pasar Prahaa. (Ado/Sss)

  ★ Liputan 6  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More