blog-indonesia.com

Kamis, 09 Januari 2014

Indonesia masuk dalam kelompok MINT

Indonesia masuk dalam kelompok negara perekonomian baru bersama Meksiko, Nigeria dan Turki, yang disebut oleh ahli ekonomi Jim O'Neill sebagai MINT. 

Pembangunan di JakartaAdalah Jim O'Neill yang pada 2001 menemukan isitilah BRIC yang terdiri dari Brasil, Rusia, India, dan Cina untuk negara-negara yang saat itu diperkirakan kelak menjadi kekuatan ekonomi masa depan.

Tapi apa yang membuat keempatnya masuk dalam kelompok negara yang secara khusus dipertimbangkan akan akan menjadi perekonomian besar.

Salah satunya, menurut O'Neill, adalah negara-negara tersebut memiliki demografi yang 'baik' dengan peningkatan jumlah penduduk usia produktif yang lebih tinggi dari penduduk yang tidak bekerja.

Jadi secara teori, jika Meksiko, Indonesia, Nigeria, dan Turki bisa bekerja sama, beberapa akan mampu menikmati pertumbuhan dua angka seperti Cina pada masa 2003-2008.

Selain itu posisi geografis keempatnya juga menguntungkan.

Meksiko, misalnya, merupakan negara tetangga Amerika Serikat namun berada di Amerika Latin. Begitu juga dengan Indonesia yang terletak di jantung Asia Tenggara dan memiliki hubungan erat dengan Cina.

Sedangkan Turki berada di dua semenanjung, Barat dan Timur.

Prakiraan pertumbuhan pendapatan (ribu US$)

                   2000        2012      Prakiraan 2050
Meksiko      7,0          10,6               48,0
Indonesia    0,8            3,6                21,0
Nigeria        0,2            1,4                12,6
Turki            4,1            10,6              48,5

O'Neill berpendapat Nigeria agak berbeda karena berada di kawasan Afrika yang masih kurang pembangunannya namun di masa depan bisa jadi berkembang jika negara-negara di kawasan itu berhenti berperang dan melakukan perdagangan satu sama lain.

Tantangan di Indonesia

Dari segi kekayaan, Meksiko dan Turki berada dalam satu tingkat dengan penghasilan rata-rata per orang per tahun sekitar US$10.000.

Penghasilan rata-rata di Indonesia US$2.100 dan Nigeria sebesar US$1.500 atau setara dengan India yang sudah lebih dulu masuk dalam BRIC.

Menurut O'Neill, dalam waktu 30 tahun mendatang ada peluang MINT bisa bergabung dengan 10 negara perekonomian terbesar dunia.

Namun dengan beberapa catatan, dan untuk Indonesia tantangan utamanya -tambah O'Neill, adalah kepemimpinan dan prasarana.

Dia juga menambahkan bahwa tantangan dan kesempatan sebenarnya saling berdampingan di Indonesia.

Salah satu contoh yang disebutnya adalah dari kunjungan ke kawasan Pluit, Jakarta, yang permukaan tanahnya diperkirakan turun 20cm per tahun namun harga properti di kawasan lain Jakarta meroket.


  BBC  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More