blog-indonesia.com

Selasa, 13 November 2012

Dua Ribu Unit Mobil Esemka Dipesan  

http://statik.tempo.co/data/2012/08/16/id_135744/135744_275.jpgSurakarta - PT Solo Manufaktur Kreasi, pemegang merek mobil Esemka, memverifikasi ulang peminat mobil Esemka Rajawali (jenis sport-utility vehicle) dan Esemka Bima (jenis pikap). Sebab, dari sekitar 12 ribu peminat Esemka, kebanyakan sebatas pesanan lisan.

Humas PT Solo Manufaktur Kreasi, Dwi Budi Martono, mengatakan bahwa verifikasi ulang itu meminta calon pembeli mengisi formulir pemesanan. “Selama pameran Esemka di Solo Techno Park, ada 500-an formulir pemesanan yang diisi,” kata dia di sela pameran, Senin, 12 November 2012.

Namun, ada sebagian calon pembeli yang langsung menghubungi Direktur PT SMK Sulistyo Rabono atau penanggung jawab produksi, Joko Sutrisno. Totalnya, ada sekitar 2.000 unit Esemka sudah dipesan. “Pemesan sudah komitmen menyerahkan uang tanda jadi sebesar Rp 2 juta,” kata Dwi.

Selain tanda jadi, pemesan menyerahkan uang muka minimal 30 persen dari harga mobil. Sulistyo mengatakan bahwa harga jual Esemka Rajawali senilai Rp 130-140 juta, sedangkan Esemka Bima tidak lebih dari Rp 80 juta. Dia menjanjikan bahwa inden mobil Esemka paling lama 6 bulan. “Kuartal pertama 2013, assembling line sudah selesai. Pada bulan keenam, mobil sudah bisa diterima,” katanya.

Rencananya, produksi dilakukan di Solo Techno Park dan rekanan PT SMK di Cikarang, Bekasi. Untuk tahap awal, kapasitas produksi diperkirakan 10-20 unit per bulan. Lalu ditingkatkan menjadi minimal 200 unit per bulan.

Selain itu, ada rencana membangun pabrik perakitan di sekitar Solo. Saat ini perusahaan itu mengincar lahan seluas 10 hektare di Boyolali. Jika lancar, pabrik perakitan di Boyolali ditargetkan dibangun pada awal 2013. Uniknya, sebagian pemesan justru adalah pengusaha kecil menengah dan koperasi. Sebab, dengan harga relatif terjangkau, bisa mendapat mobil operasional usaha.

Pameran mobil Esemka dilaksanakan bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November lalu, di Solo Techno Park. Direktur Pelayanan dan Pengembangan Solo Techno Park Gampang Sarwono mengatakan bahwa pameran mobil Esemka berlangsung hanya sampai kemarin, 12 November 2012. Mobil Esemka gencar dipromosikan oleh Wali Kota Solo Joko Widodo yang sekarang menjadi gubernur DKI Jakarta.


© Tempo.Co

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More