blog-indonesia.com

Selasa, 27 November 2012

6 Bulan Lagi Jasa Marga Gunakan Solar Cell

Menteri BUMN Dahlan Iskan. (Foto: Okezone)Jakarta - Guna menghemat penggunaan listrik, Menteri BUMN Dahlan Iskan akan menggunakan teknologi tenaga surya atau kerap disebut solar cells pada lampu-lampu di jalan tol dan bandara.

Dahlan pun memberikan waktu enam bulan terhitung sejak saat ini, untuk PT Jasa Marga Tbk (JSMR) menerapkan penggunaan solar cells tersebut. "Solar cell di bandara dan tol, dalam waktu enam bulan jasa marga membangun penerangan dengan solar cells," ujar Dahlan, di Kantor Pusat PT PP, Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Pembangunan penerangan yang akan dilakukan Jasa Marga, sebut Dahlan sejauh 40 kilometer (km). Saat ini, Dahlan menuturkan tengah ada pembangunan perusahaan solar cells yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan pada 10 Desember 2012. "Sejauh 40 km. Sekarang sedang membangun perusahaan solar cell," tuturnya.

Dahlan mengharapkan, untuk seluruh jalan tol yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN, penerangannya harus menggunakan solar cells. "Seluruh jalan tol BUMN menggunakan solar cell," pungkas Dahlan.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk tahap pertama, Dahlan membidik penggunaan solar cells pada jalan tol Cawang-Bandara Soekarno Hatta sepanjang 40 km.

Mantan direktur utama PLN ini juga bercita-cita bahwa nantinya di sejumlah negara harus dibangun jalan tol untuk perkembangan daripada semua daerah-daerah terutama di luar Pulau Jawa. (wdi)



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More