blog-indonesia.com

Senin, 15 September 2014

SBY Resmikan Bandara Mal Pertama RI di Balikpapan

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman sebelumnya disebut New Sepinggan. //images.detik.com/content/2014/09/15/4/sepinggan.jpgFoto: Sultan Aji Muhammad Sulaiman

Hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, yang berlokasi di Sepinggan, Balikpapan. Sebelumnya bandara ini disebut New Sepinggan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I) Tommy Soetomo, selaku pembangun bandara ini mengatakan, bandara baru ini beroperasi sejak 22 Maret 2014 lalu. Nilai investasi pembangunan bandara ini mencapai Rp 2 triliun. Ini merupakan bandara mal pertama di Indonesia.

"Sebelum pengembangan, bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur ini telah mengalami over capacity. Dengan kapasitas hanya 1,7 juta penumpang per tahun, bandara ini telah melayani 7,1 juta penumpang di tahun 2013, tumbuh 16% dibanding tahun 2012 yang berjumlah 6,4 juta penumpang," tutur Tommy dalam keterangannya, Senin (15/9/2014).

Bandara ini dibesarkan dengan membuat terminal baru yang mengusung konsep modern eco-airport, dan akan mampu menampung 15 juta penumpang per tahun. Selain itu, terminal ini dilengkapi dengan fasilitas 11 unit garbarata, 76 buah konter check, dan 8 unit conveyor.

Hal yang utama adalah pengaplikasian Airport Operation Database (AODB), serta teknologi hold baggage screening (HBS) level 4 yang canggih. Selain itu juga disediakan gedung parkir empat lantai yang mampu menampung hingga 2.300 unit kendaraan.

"Jika kita berjalan ke dalam terminal, terdapat penggunaan tanaman hidup untuk dijadikan taman di berbagai sudut ruangan. Penerapan manajemen energi juga dilakukan dengan pemanfaatan sinar matahari untuk pencahayaan. Selain itu, konsep eco building juga diterapkan dengan penggunaan LED (Light Emiting Diode) serta recycling water," tutur Tommy.

Dengan luasan terminal mencapai 110.000 m2 , area komersial seluas 33.000 m2, serta apron seluas 140.900 m2, menjadikan bandara ini sebagai gerbang udara terbesar dan termegah di kawasan timur Indonesia.

"Selain itu, bandara ini juga merupakan bandara pertama di Indonesia yang dilengkapi boutique mall. Pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam gedung terminal termasuk area konter check-in. Hal ini akan menciptakan pengalaman yang unik di dalam bandara bagi para pengunjung, sekaligus sebagai upaya kami dalam meningkatkan level of service kepada pengguna jasa bandara," kata Tommy.

Selain meresmikan bandara, SBY juga meresmikan beberapa proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di wilayah Kalimantan Timur, antara lain Proyek Sisi-Nubi 2B (WPN 3 dan WPS 2) Total E&P Indonesia bekerjasama dengan Inpex dan Pertamina Hulu Energi Tengah Kalimantan Timur, Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Prima Mitrajaya Mandiri Kaltim, Cakra Biogas Power Plant REA Kaltim Plantations, dan groundbreaking Kampus Institut Teknologi Kalimantan.(dnl/hen)

  ★ detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More