blog-indonesia.com

Kamis, 25 September 2014

Obama Puji Kepemimpinan SBY

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pandangan pada Pleno I KTT Iklim PBB 2014 di Markas PBB, New York, AS, Selasa (23/9) waktu setempat. Presiden menegaskan bahwa Indonesia siap memperkuat kemitraan global untuk menjaga peningkatan suhu dunia di bawah 2 derajat Celcius.Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan pandangan pada Pleno I KTT Iklim PBB 2014 di Markas PBB, New York, AS, Selasa (23/9) waktu setempat. Presiden menegaskan bahwa Indonesia siap memperkuat kemitraan global untuk menjaga peningkatan suhu dunia di bawah 2 derajat Celcius. (sumber: Antara/Setpres-Cahyo Bruri Sasmito)

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama secara khusus memuji kepemimpinan Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Obama menyatakan, sebagai pemimpin di negara berpenduduk 250 juta jiwa, SBY dinilai berhasil membangun budaya politik santun dan menjaga keutuhan demokrasi.

“Terima kasih kepada sahabat baik saya dari Indonesia, Presiden Yudhoyono. Terima kasih, Pak, atas kepemimpinannya menjalankan proses transisi dan keberhasilan menjaga demokrasi,” kata Obama saat berpidato pada pertemuan "Open Government Partnership" di Markas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), pada Rabu (24/9) waktu setempat atau Kamis (25/9) waktu Indonesia.

Seperti dilaporkan wartawan Investor Daily, Novy Lumanauw, dari New York, di hadapan para peserta yang berasal dari 64 negara dan juga ratusan utusan dari organisasi masyarakat sipil, Obama memuji kepemimpinan SBY.

Dia memuji kepemimpinan SBY yang dinilai berhasil mewujudkan transisi pemerintahan secara mulus dan memelihara iklim demokrasi di negeri ini secara baik.

Menjelang berakhir masa jabatannya pada 20 Oktober mendatang, SBY secara terbuka menjalin komunikasi secara sinergis dengan presiden terpilih Joko Widodo, yang akan memerintah negeri ini, pada periode 2014-2019.

“Mungkin, ini adalah Sidang Majelis Umum PBB terakhir yang dihadiri Presiden Yudhoyono, tetapi saya yakin Pak Yudhoyono akan tetap berkontribusi bagi dunia,” kata Obama.

Pada pertemuan itu, Obama bergabung dengan para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan untuk meningkatkan kerja sama antara publik dan pemerintah menerapkan transparansi bagi peningkatan pertumbuhan di berbagai bidang.

Negara-negara seperti Indonesia, Albania, dan Makedonia saat ini mengembangkan sistem baru untuk melaporkan kasus korupsi serta meningkatkan transparansi.

  Berita Satu  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More