blog-indonesia.com

Rabu, 09 Oktober 2013

PLN Pamer Aneka Mobil Listrik di Kantornya

http://images.detik.com/content/2013/10/09/1034/plnpamudji.jpgJakarta - PT PLN (Persero) menggelar pameran dan lomba produk inovasi kelistrikan bernama Knowledge Norm Innovation Festival & Exhibition (KNIFE) 2013. Acara ini menampilkan karya inovatif dari karyawan PLN. Pada acara ini juga ditampilkan beraneka ragam produk mobil listrik.

"Pada kesempatan ini, dalam rangka hari listrik kita tampilkan bis listrik, mobil listrik sebesar Alphard, Mobil Evina, dan kendaraan mirip Bajaj yang pakai listrik. Ini produk Swedia di buat Banyuwangi. Saya ingin seluruh orang terlibat mencoba kendaraan listrik," ucap Direktur Utama PLN Nur Pamudji pada pembukaan acara KNIFE 2013 di Kantor PLN Pusat, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Penampilan mobil listrik merupakan bagian edukasi ke masyarakat. Selain itu ada berbagai produk inovasi karya PLN seperti ponsel pintar pencatat penggunaan listrik pelanggan hingga pemotong ranting elektrik.

Nur Pamudji pada kesempatannya mengaku acara KNIFE yang telah digelar sebanyak 4 kali ini sangat baik mendorong budaya inovasi di lingkungan PLN.

"Kami ingin karyawan PLN sejak muda untuk berinovasi. Mudah menerima inovasi. Mau berinovasi sejak masuk PLN. Saat jadi pimpinan PLN cabang, wilayah, pusat. Anda terbiasa untuk inovasi. Kalau ada hal baru bisa langsung terapkan," jelasnya.

Pada kesempatan ini bakal ditampilkan 40 karya inovasi dari finalis di 2013. Lomba yang ditampilkan masuk katagori pembangkit, transmisi dan distribusi, technical supporting, NTS-Aplikasi, NTS-Manajemen. Acara ini digelar di halaman PLN pusat dari tanggal 9 Oktober hingga 11 Oktober 2013.

PLN Siap Jual Voucher Isi Ulang Mobil Listrik

PT PLN (Persero) bakal menjual voucher isi ulang untuk pengisian ulang mobil dan sepeda motor listrik. Dengan sistem ini nantinya mobil atau sepeda motor listrik tidak perlu membayar dalam bentuk tunai saat melakukan penyetruman di stasiun pengisian ulang.

Direktur Utama PLN Nur Pamudji menjelaskan untuk mendukung rencana ini, setiap kendaraan bakal dilengkapi fasilitas meteran listrik pra bayar khusus.

"Kendaraan listrik, mobil listrik akan jadi pelanggan baru PLN. Akan ada meteran listrik. Beli voucher dia punya hak beli. Sekian puluh kwh kalau ketemu tempat charging meter prabayar akan menghitung berapa yang masuk. Berapa yang masuk, dia nggak perlu bayar," ucap Direktur Utama PLN Nur Pamudji pada pembukaan acara KNIFE 2013 di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Di negara maju, sistem pengisian listrik non cash bagi mobil listrik telah berkembang dan dilakukan di negara maju. Kendaraan cukup melakukan pengisian tanpa harus menggunakan uang tunai.

"Yang populer Tesla di Amerika. Semua pembayaran non cash. Kita membawanya ke Indonesia. Mobil listrik akan jadi pelanggan PLN yang bergerak," sebutnya

PLN pun ke depan mendorong agar ada standarisasi terhadap infrastruktur pengisian bahan bakar untuk mobil listrik. "Standarisiasi charger. Kita perlu tentukan. Kita dibanjiri produk luar, kita ditentukan oleh luar. Kita ingin adopsi yang ada ditempat," katanya.

PLN juga siap menampilkan berbagai contoh mobil dan sepeda motor listrik sebagai bentuk edukasi ke masyarakat. Hal ini ditempuh agar masyarakat terbiasa dengan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan ini.

"Tema mobil listrik penting. Kemristek angkat ini sebagai tema unggulan untuk perbaiki sistem energi nasional agar transportasi bisa dijalankan dengan listrik," sebutnya.


  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More