blog-indonesia.com

Senin, 21 Oktober 2013

Hebatnya Mainan Bisa Jadi Modal Investasi

Siapa sangka mainan berupa die cast mobil atau tokoh superhero tidak hanya dikoleksi sebagai mainan semata namun juga bernilai ekonomis tinggi atau dengan kata lain koleksi die cast atau action figure dijadikan barang investasi oleh para kolektor mainan.

Mulanya para kolektor mainan mengumpulkan die cast atau action figure ini karena hobi namun seiring dengan langkanya sosok mainan tersebut atau beberapa kolektor lain yang berminat akan mainan tersebut otomatis mengerek nilai ekonomi dari mainan yang dianggap langka itu.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ajang pameran mainan menjadi marak belakangan. Seperti  salah satunya Pameran Battle Of The Toys 2013 di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta, Minggu (20/10). Sebab di ajang seperti inilah para kolektor saling bertukar informasi tentang tren mainan langka yang jadi buruan dan berburu mainan yang sekiranya akan menjadi langka mengingat diecast atau action figure yang langka nantinya bisa dibanderol dengan harga tinggi yang fantastis.

Menurut informasi yang didapat Investor Daily di Pameran Battle Of  The Toys 2013 ini bahwa sebuah action figure Iron Man setinggi 30 cm yang sedang dipamerkan di acara itu  dibanderol seharga Rp 25 Juta. Action Figure Iron Man ini sangat mungkin dilirik para kolektor action figure mengingat kondisinya yang mulus dan keberadaannya yang
langka.

Keberadaan komunitas pecinta die cast atau action figure turut berperan mengerek naik harga sebuah action figure atau die cast incaran. Sebab keinginan memiliki action figure atau die cast yang sama namun jumlah action figure atau die cast incaran tersebut terbatas jumlahnya.

Unik memang kegiatan koleksi mainan. Di luar dugaan kolektor mainan yang dianggap menghamburkan uang ternyata mereka dapat meraup untung besar jika setia pada komunitas die cast atau action figure dan jeli pada permintaan atas die cast atau action figure tertentu.

Salah satu pengunjung Pameran Battle Of The Toys 2013 dari Bandung, Koko kepada Investor Daily mengaku telah mengumpulkan berbagai mainan untuk dijadikan koleksi pribadi. Awalnya ia tak menyangka, ternyata mainan pun dapat dijadikan investasi.

Hingga saat ini Koko telah mengoleksi sebanyak 40 mainan tentara atau Action Figure Militer dengan skala 1:6. Ia mengungkapkan mendapatkan barang-barang tersebut dari Hongkong melalui belanja online. Tidak hanya itu bapak dari 1 orang anak ini menggeluti hobi ini sejak dirinya belum menikah. Hobi mainan seperti ini ternyata bukanlah hal yang negatif, jika si pemilik dapat membawanya kepada hal yang lebih positif dan bermanfaat bagi dirinya. "Ya hobi saja, selain itu juga mainan ini dapat saja jadikan sebuah investasi," tuturnya.

Koko tidak keberatan untuk merogoh koceknya dalam-dalam demi mendapatkan barang yang diinginkannya. Alhasil ia mendapatkan mainan dari berbagai jenis. Ia mengatakan bahwa koleksi mainan militernya saat ini bermacam-macam, mulai dari militer pada perang dunia pertama hingga militer pada zaman sekarang. "Banyak sih mulai dari figur perang dunia pertama sampai angkatan militer moderen saya koleksi," ungkapnya.

Menurut Koko, mainan seperti ini memang sedikit orang yang menyukainya, karena selain hobi pemilik harus bisa melihat keaslian dari barang yang dimilikinya.

Mengenai harga mainan koleksinya tersebut ia mengatakan berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 5 jutaan. "Macam-macam, harganya bisa mencapai lima ratus ribu hingga lima jutaan," ungkap Koko yang juga telah mengikuti beberapa kali acara pameran mainan di Kota Bandung. (Ral)


  Investor  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More