blog-indonesia.com

Rabu, 09 Oktober 2013

Alis Arjuna, Sepeda Listrik Canggih Pengukur Panjang Kabel PLN

http://images.detik.com/content/2013/10/09/1034/sepeda.jpgJakarta - Karyawan PT PLN (Persero) mengembangkan alat canggih pengukur panjang dan rute kabel listrik. Peralatan canggih ini bernama Alat Survei Jaringan Multi Guna atau 'Alis Arjuna'. Alat ini terdiri dari sepeda listrik hasil modifikasi dan tablet. Dengan Si Alis Arjuna pengukuran tidak lagi dilakukan secara manual dengan berjalan kaki.

"Sepedanya buatan luar tapi kita modifikasi dilipat agar masuk ke mobil. Dulu ukur dulu pakai jalan. Di sini aplikasi direkam pakai aplikasi yang kita buat," ucap Benny, sang penemu dan juga Karyawan PLN Area Cempaka Putih, Area Dirjaya dan Tangerang kepada detikFinance  pada acara KNIFE 2013 di Kantor PLN Pusat, Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Dengan alat ini, proses pengukuran dan pemetaan bisa dipercepat serta ramah lingkungan. Bahkan Si 'Alis Arjuna' bisa menempuh perjalanan hingga 40 Km saat difungsikan dalam sekali setrum.

"Bisa masuk mobil Avanza. Kalau baterai abis di gowes. Charge cuma 6 jam. Ini bisa nempuk jarak Cempaka Putih-Bekasi. Ini menempuh 40 Km," sebutnya.

Untuk mengembangkan Si Alis Arjuna, diperlukan dana hingga Rp 10 juta. Ini sudah termasuk sepeda listrik dan tablet. Bahkan alat inovasi ini telah dipesan hingga 20 unit. "Ini baru diterapkan di area Cempaka Putih (Jakarta Pusat). Kita dapet pesanan 20 unit di Disjaya Tangerang," sebutnya.(feb/hen)


  detik  

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More