blog-indonesia.com

Selasa, 05 Maret 2013

Pembatasan impor biar pengusaha bangun pabrik di Indonesia

Pemerintah menegaskan pengetatan impor bisa menjaga defisit neraca perdagangan tidak semakin melebar. Bukan membuat investor enggan berinvestasi di Indonesia. Besarnya pasar Indonesia lebih memberikan daya tarik pada investor untuk datang.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan tujuan pembatasan impor akan membuat investor membangun pabriknya di Tanah Air. "Ini cara dia terbebas dari pembatasan impor," ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (5/3).

Menurutnya meski sudah dilakukan pembatasan namun tidak langsung membuat pengusaha berhenti melakukan importasi. Pasalnya, keuntungan yang didapat pasar Indonesia lebih besar daripada biaya impor itu sendiri.

Tingginya permintaan pasar pada barang impor, apabila tidak dijaga atau bahkan melakukan pembatasan ketat, akan memberi tekanan pada inflasi. Pembatasan akan menyebabkan kelangkaan yang bermuara pada kenaikan harga.

"Maka dari itu masalah impor bukan masalah investasi tapi masalah inflasi," katanya.(mdk/arr)


  Merdeka  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzuKXZz7DA9Y-b0_1ZIg4l1-Si_QQOgNYEZH6g1x2uUjLSYPRt8WhqPUehlrD35o36iIFpujKTIMiMwqRlUzHCfKT-a87fzfu77qvEv_EILRZACrgrNglyzx3QGI1aLE9B5cVrP9SoNdw/s35/cinta-indonesia.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More