blog-indonesia.com

Kamis, 14 Februari 2013

Setahun, 50 Penelitian Dipatenkan LIPI

http://www.jpnn.com/picture/thumbnail/20130214_073827/073827_953800_penelitian.jpg CIBINONG Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Bogor. Salah satunya dengan menyumbangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), melalaui program inkubasi teknologi.

“Per tahun kita menghasilkan 50 penelitian yang sudah bisa dipatenkan,” tegas Kepala Pusat Inovasi LIPI, Prof Bambang Subyanto saat peresmian Gedung Inovasi di Cibinong Sciense Center (CSC), Rabu (13/2).

Gedung itu, lanjut Bambang, untuk melahirkan berbagai usaha atau perusahaan berbasis teknologi, terutama teknologi yang berasal dari hasil-hasil riset LIPI. Gedung ini mewadahi bebagai kegiatan yang bersifat mengakselerasi adopsi hasil-hasil riset LIPI oleh para stakeholder.

“Di gedung Inovasi ini pun ada program inkubasi teknologi yang bertujuan untuk memfasilitasi komersialisasi hasil-hasil penelitian dan juga akusisi maupun pemanfaatan teknologi unggul.

Tujuannya untuk mempromosikan eksploitasi suber daya lokal dan meningkatkan daya saing dari industri nasional melalui skema alih teknologi.  Ia menambahkan saat ini tercatat 10 teknologi LIPI telah dikembangkan menjadi produk contoh (prototype), 17 teknologi telah melalui tahapan pra-inkubasi dan 15 teknologi sedang melalui tahapan inkubasi. Ia berharap lahir perusahaan bebasis teknologi yang siap bersaing di pasar domestik. “Oleh karenanya sinergi antara LIPI dengan Pemerintah Daerah serta para pengusaha sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (*/sal)


  • JPNN 

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More