blog-indonesia.com

Sabtu, 05 Februari 2011

UGM Peringkat Pertama WEBOMETRICS 2011

TEMPO Interaktif, YOGYAKARTA - Posisi Universitas Gadjah Mada dalam daftar peringkat Perguruan Tinggi terbaik dunia Webometrics tetap teratas di Indonesia. Dengan pencapaian ini, sudah tiga tahun berturut-turut UGM nangkring di urutan pertama di Indonesia.

“Ini berarti selama empat tahun sejak 2008, peringkat UGM tetap tidak berubah,” kata Kepala Humas Universitas Gadjah MAda kepada Tempo, Kamis, (3/2).

Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli. Peringkat ini dapat dilihat dalam situs www.webometrics.info, edisi Januari 2011.

Adapun dalam daftar 100 terbaik Asia Tenggara tercatat 29 perguruan tinggi di Indonesia masuk peringkat ini. Rinciannya, UGM masuk dala peringkat 7, Universitas Indonesia berada di peringkat 8, dan ITB berada pada peringkat 15. Sementara untuk kawasan Asia, UGM berada pada peringkat 69, dan pada peringkat dunia, UGM berada pada posisi 593.

Peringkat teratas Asia Tenggara diduduki oleh National University of Singapore. Adapun peringkat teratas Asia adalah National Taiwan University. Untuk peringkat terbaik dunia dipegang oleh Massachusetts Institute of Technology.


Pemeringkatan pada Webometrics didasarkan pada keunggulan dalam publikasi elektronik (e-publication) yang terdapat dalam domain web masing-masing perguruan tinggi.

Penilaian diukur dari 4 indikator, yakni (a) Size (jumlah halaman publikasi elektronik yang terdapat dalam domain web PT), (b) Visibility (jumlah halaman lain yang mencantumkan URL domain PT yang dinilai), (c) Rich Files (relevansi sumber elektronik dengan kegiatan akademik dan publikasi PT tersebut), dan (d) Scholar (jumlah publikasi dan sitasi bermutu pada domain PT). Data yang dikumpulkan dengan empat indikator tersebut diolah dan digunakan untuk memeringkat 12.000 perguruan tinggi di seluruh dunia.[BERNADA RURIT]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More