blog-indonesia.com

Sabtu, 19 Februari 2011

Ayo Ikuti Olimpiade Sains Kuark 2011

Ilustrasi siswa SD

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2011, adalah kompetisi sains tingkat nasional yang terbuka bagi siswa siswi SD/MI seluruh Indonesia. Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com, Sabtu (18/2/2011).

Memasuki tahun ke 5, OSK 2011 diikuti oleh 82.000 siswa SD/MI dari 152 kota/kabupaten di 33 provinsi di Indonesia. Ini merupakan peningkatan dari penyelenggaran OSK tahun sebelumnya yang diikuti oleh 73.000 peserta dari 25 propinsi.

OSK diselenggarakan dengan 3 tahapan kompetisi, yaitu tahap penyisihan (19 Pebruari 2011 di daerah masing-masing), semifinal (16 April 2011 di daerah masing-masing), dan finalnya secara terpusat dilakukan di Jakarta pada 25 Juni 2011 nanti.

Adapun materi yang dilombakan meliputi : Biologi (Botani, Zoologi, Tubuh Manusia), Fisika, Astronomi, Eksperimen, pengetahuan Umum (yang bersifat sains), dan Elektronika (khusus untuk Level III). Materi soal yang dilombakan adalah dalam bentuk pilihan ganda dan Praktikum yang hanya diujikan pada saat babak final.

Hal yang menggembirakan adalah tahun ini tingkat keikutsertaan kabupaten/kota juga naik seperti pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Banyak peserta berasal dari daerah pelosok seperti dari pedalaman kabupaten Majene-Sulbar, Tulang Bawang Barat-Lampung, Paser-Kaltim, Halmahera Selatan-Maluku Utara, dan Bengkalis-Riau. “Keikutsertaan daerah-daerah yang cukup jauh dari pusat menjadi sangat menarik, mengingat hal ini menunjukkan sinyalemen positif terhadap perkembangan kualitas pembelajaran sains di daerah tersebut,” tambah Sanny Djohan
selaku Ketua Panitia OSK 2011.

Sedangkan Prof. Yohanes Surya, Ph.D., pakar fisika Indonesia yang sejak awal mendukung OSK menambahkan, “Apabila kita mampu membuat sebuah kompetisi tahunan yang dapat diikuti hingga 500.000 anak per tahunnya, maka saya sangat yakin bahwa mutu pembelajaran sains di Indonesia, khususnya untuk pendidikan dasar dapat meningkat secara signifikan dan mampu memberikan kontribusi bagi perbaikan mutu pendidikan secara keseluruhan," ujarnya.


Tribunnews

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More