blog-indonesia.com

Kamis, 17 Februari 2011

Lewatmana.com Raih Penghargaan di Prancis

Lewatmana.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Situs pemantau kemacetan Lewatmana.com memenangkan salah satu tropi penggunaan digital, Netexploateur of The Year di Prancis. baru-baru ini.

Managing Director sekaligus Chief Executif Officer (CEO) Lewatmana.com, Hendry Soelistyo mengatakan dari puluhan kandidat, situsnya masuk dalam 10 besar. "Kami menjadi pemenang pertama dari Asia Tenggara," ujar Hendry dalam surat elektroniknya kepada Tempo.

Keterlibatan masyarakat dalam menyumbang informasi atau social based solution, kata Hendry, menjadi kunci sukses yang menarik perhatian juri. "Karena solusi seperti belum banyak dikerjakan orang," katanya.

Netexplorateur Award merupakan penghargaan dari organisasi yang didukung Senat dan Perdana Menteri Perancis. Setiap tahunnya melalui jaringan spotter dari berbagai profesi menilai dan memperhatikan penggunaan teknologi digital secara signifikan. Mereka memilih dan memasukkan berbagai situs dalam daftar the Netexplorateur 100. Penyerahan penghargaan akan dilakukan di Paris, Prancis bulan ini.

Kriteria penilaian yang diterapkan para juri diantaranya keaslian ide, dampak terhadap masyarakat dan lingkungan serta role model. Hendry mengatakan penghargaan ini menggunakan pendekatan pragmatis terhadap revolusi digital. Dari situ, para juri juga akan melihat pengaruh terhadap metode managemen dan model bisnisnya. "Baik dari aplikasi mobile, situs web 2,0 dan game yang diambil dari budaya, pendidikan dan membentuk solidaritas," ujar Hendry.

Selain Lewatmana.com, sembilan pemenang lainnya adalah Censo 2010, E-skin, Datasift, Flattr, HAL, MPedigree, MyTown, Naturalsecurity, dan Obama.

Lewatmana.com hingga kini masih fokus memantau kondisi lalu lintas di Jakarta dan memperbarui pantauan video tiap 30 detik. Hendry mengatakan, Lewatmana.com berencana menambah kamera hingga 200 unit dan melebarkan sayap ke kota lainnya, seperti Denpasar.

Dalam satu bulan, kapasitas memori satu kamera mencapai 30 Gigabita. Bagi para pengguna situs tersebut bisa mendapatkan berita teks, snapshoot foto dan video tentang kondisi lalu lintas di ibu kota. [DIAN YULIASTUTI ]


TEMPOInteraktif

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More