blog-indonesia.com

Sabtu, 19 Februari 2011

USU Kembangkan Tablet Cepat Larut

MEDAN--MICOM: Universitas Sumatera Utara terus menggalakkan penelitian farmasi terutama di bidang ketersediaan tablet yang cepat larut di mulut, kata Guru Besar Ilmu Teknologi Farmasi USU Prof Dr Karsono, di Medan, Sabtu (19/2).

"Dewasa ini penelitian bentuk sediaan tablet melarut cepat sedang digalakkan di laboratorium teknologi formulasi sediaan solid Fakultas Farmasi USU," kata dia.

Penelitian tersebut, kata dia, dilakukan dengan dua pendekatan yakni pengecilan ukuran partikel zat aktifnya menjadi ukuran nanopartikel, kemudian diformulasikan menjadi bentuk sediaan tablet melarut cepat sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan bioavailabilitasnya.

Kedua, dengan pendekatan pembuat eksipien super disintegran yang merupakan bahan utama dalam pengembangan sediaan tablet melarut cepat.

Untuk mendukung penelitian tersebut, kata dia, dalam beberapa tahun terakhir, USU banyak membeli peralatan laboratorium mutakhir yang sangat mendukung kegiatan penelitian, baik kegiatan analisis, identifikasi, evaluasi maupun produksi sediaan farmasi.

"Alat-alat tersebut ditempatkan khususnya di Fakultas Farmasi USU, sehingga kegiatan penelitian khususnya di bidang ilmu farmasi akan lebih maju dan berkembang di masa yang akan datang, hal ini tentunya selaras dengan rencana strategis USU yakni University for Industry," katanya.

Ia mengatakan, bentuk sediaan tablet melarut cepat sebagai alternatif arah inovatisi pengembangan formulasi sediaan pediatrik sangat sesuai, khususnya bagi pasien yang sulit menelan obat, mabuk perjalanan, pasien sakit jiwa, serangan alergi atau batuk yang tiba-tiba.

Keadaan tersebut dibutuhkan tindakan yang sangat cepat karena bentuk sediaan tablet melarut cepat itu menawarkan banyak keuntungan dan memenuhi syarat prinsip-prinsip bentuk sediaan yang ideal.

Misalnya mudah diberikan, dosis zat aktifnya akurat, rasanya enak dan menyenangkan di mulut, cepat melarut di mulut tanpa harus minum air, bentuk sediaannya padat dengan volume kecil sehingga sangat praktis, aman dan nyaman.

Serta mudah diproduksi secara besar-besaran dengan metode yang sederhana cepat dan murah.

"Bentuk sediaan tablet melarut cepat ini mempunyai prospek yang sangat menjanjikan, bagi industri farmasi yang berminat untuk mengembangkan dan memprodukisnya," katanya.

Menurut dia, bentuk sediaan tablet yang cepat melarut dalam rongga mulut telah menarik banyak perhatian para ahli formulasi pediatrik dari industri farmasi, akademisi dan farmasi klinik.

Tablet semacam ini tidak hanya diindikasikan untuk orang-orang yang kesulitan menelan tetapi juga ideal untuk orang biasa. Tablet melarut cepat adalah tablet yang ketika diletakkan pada lidah, terdisintgrasi dengan cepat, meleapaskan obat yang melarut atau terdispersi dalam air liur.

"Semakin cepat obat melarut semakin cepat absorpsi dan semakin cepat memberikan efek klinis," katanya. (Ant/OL-9)


MediaIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More