blog-indonesia.com

Rabu, 02 Februari 2011

Telah Hadir Aplikasi Kompas.com untuk iPad

Tampilan aplikasi Kompas.com for iPad yang memberikan kemudahan membaca Kompas.com lewat sentuhan jari pengguna.

JAKARTA, KOMPAS.com -
Melanjutkan popularitas aplikasi Kompas Editors' Choice di iPad dan makin banyaknya pengguna iPad di Indonesia, Kompas.com secara resmi merilis aplikasi khusus untuk pengguna iPad.

Aplikasi bernama Kompas.com for iPad tersedia untuk diunduh cuma-cuma di iTunes mulai Jumat, 28 Januari 2011. "Hanya dalam waktu sehari sejak diluncurkan, aplikasi Kompas.com for iPad menduduki posisi 1 Top Free Apps di iTunes App Store sampai hari ini," kata Edi Taslim, GM Bisnis Kompas.com, Selasa (1/2/2011). Ia mengatakan hal tersebut menunjukkan sambutan positif dan antusiasme pengguna iPad di Indonesia terhadap konten lokal.

Aplikasi Kompas.com for iPad menyajikan semua konten yang ada di situs web Kompas.com. Bedanya, pengguna tidak perlu menggunakan browser Safari dan mengetikkan URL www.kompas.com. Konten tampil dengan format layout sesuai interface dan fitur iPad. Setiap artikel disajikan dengan format tiga kolom khas suratkabar dan untuk berpindah artikel yang satu ke artikel lainnya cukup dengan swipe (menggeser). Untuk membaca berita atau artikel tertentu, pembaca dapat menyentuh area judul artikel.

Tidak ada menu toolbar yang berisi daftar kanal dan rubrik seperti pada Kompas.com versi web. Untuk mengakses kanal-kanal dan rubrik, disediakan tombol Channel di kanan dan tombol Section kiri bawah layar. Di semua artikel, pembaca dapat mengatur ukuran huruf sesukanya, lebih besar atau lebih kecil lewat tombol di sisi kanan atas.

Pembaca juga dapat memuat berita atau artikel tertentu ke Facebook dan Twitter agar diketahui oleh teman. Selain itu pembaca dapat berinteraksi satu sama lain dengan membaca dan memberi komentar. Untuk melakukan itu, cukup sentuh ikon pada kanan atas.

Konten di aplikasi Kompas.com for iPad di-update secara realtime sebagaimana Kompas.com versi web. "Aplikasi akan dikembangkan secara bertahap. Selain perbaikan visual, kami juga sedang menyiapkan berbagai fitur baru seperti, fitur smart caching dan search," ujar Edi Taslim.

Aplikasi Kompas.com for iPad dapat diunduh di iTunes App Store tanpa biaya. Disediakan juga Kompas Editors' Choice, aplikasi dari Harian Kompas yang memenangkan Silver Award dari Asian Digital Media Awards 2010 pada bulan September lalu.


KOMPAS

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More